Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Europa

Spurs Tumbangkan Lyon di White Hart Lane
Oleh : dd
Jum'at | 15-02-2013 | 09:49 WIB

LONDON, batamtoday - Tottenham Hotspur membuka peluang melaju ke 16 besar Liga Europa setelah menumbangkan raksasa Ligue 1 Prancis Olympique Lyon di White Hart Lane, Kamis (14/2) waktu setempat.

Pemain bintang Gareth Bale menjadi tokoh protagonis dalam pertandingan yang berakhir 2-1 untuk The Lilywhites, berkat sepasang gol yang dilesakkan ke gawang Remy Velcoutre, setelah sebelumnya Samuel Umtiti menyeimbangkan skor di awal paruh kedua.

Kemenangan ini diyakini akan memudahkan skuat Andre Villas-Boas saat bergantian menyambangi markas Lyon di leg kedua pekan depan.

AVB enggan menurunkan Hugo Lloris melawan bekas klubnya dengan memasang Brad Friedel di bawah mistar, sementara Emmanuel Adebayor kembali menempati starting XI untuk kali pertama sejak kembali dari tugas membela Togo di Piala Afrika.

Mantan penggawa Spurs Steed Malbraque mendapat sambutan hangat suporter tuan rumah sebelum mengambil tempat di jantung lini tengah Lyon, sementara eks defender Arsenal Remi Garde juga kembali ke London Utara sebagai manajer Lyon.

Kedua tim terlibat permainan tempo tinggi sejak laga dimulai, dan Bale melepaskan tendangan voli yang berasal dari umpan silang Kyle Walker di menit kesembilan, tapi usahanya belum mengubah kedudukan.

Tuan rumah kembali mengancam di menit 27 saat Mousa Dembele mengirim passing matang kepada Adebayor, tapi penyelesaian akhir mantan pemain Arsenal tidak berjalan dengan baik.

Lyon tampak kesulitan mengimbangi kecepatan Spurs dan aksi Walker memasuki area berbahaya tidak mampu dibendung lawan sehingga memudahkannya memberikan umpan kepada Bale tapi sepakannya masih melebar.

Tapi, memasuki menit akhir babak pertama pemain asal Wales ini menunjukkan kelas berkat tendangan bebas spektakuler dari jarak jauh yang mengoyak pojok gawang Vercoutre.

Lyon mulai menunjukkan agresivitas di babak kedua, tapi cukup frustrasi dengan kedisiplinan lini belakang tuan rumah, sampai tiba saatnya di menit 54 Umtiti menyamakan kedudukan. Crossing atas Lisandro Lopez disundul William Gallas tapi bola liar justru disambar pemain 19 tahun dan melakukan tendangan setengah voli sehingga Friedel tak bisa berbuat banyak menahan laju si kulit bundar.

Lyon mendapat peluang membalikkan keadaan ketika Alexandre Lacazette melewati hadangan Benoit Assou-Ekotto, Jan Vertonghen dan Scott Parker, sebelum akhirnya Friedel yang mementahkan kans tim tamu.

Bale kembali mengancam gawang lawan dengan memaksa Vercoutre jatuh bangun menyelamatkan bola hasil sepakannya di kotak penalti. Namun, Vercoutre lagi-lagi hanya bisa terdiam melihat tendangan bebas brilian Bale saat injury time sekaligus memenangkan Spurs.

Sumber: Goal.com