Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasca Banjir, DBD Hantui Seibeduk
Oleh : kli/dd
Rabu | 13-02-2013 | 12:49 WIB

BATAM, batamtoday - Pasca banjir di Pancur Biru 1 dan hujan deras yang mengguyur daerah Seibeduk beberapa hari ini salah satu penyebab wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai merambah. Hal ini menjadi hantu yang paling menakutkan bagi warga.

Jumlah warga yang sudah terjangkit DBD di perumahan tersebut belum diketahui, namun warga lainnya sudah mulai resah akan menjangkitnya DBD tersebut.

Nurdin Arianto, tokoh masyarakat Mangsang mengatakan DBD yang mulai mewabah di Perumahan Pancur Biru 1 merupakan tanggung jawab pemerintah. Sebab, nyamuk yang menularkan penyakit tersebut berkembang akibat banjir yang melanda beberapa hari yang lalu.

"Itu tanggung jawab pemerintah, jangan salahkan warga kurang membersihkan lingkungan. Semua terjadi karena banjir beberapa hari lalu," katanya, Rabu (13/2/2013).

Bersamaan dengan itu, Lurah Duriangkang, Syaddad Fauzi, membenarkan ada warganya di RW05 Mangsang yang positif terjangkit DBD. Akan tetapi, korban yang terjangkit sudah ditangani secara medis.

Untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit tersebut, kata Syaddad, pihak puskesmas  setempat akan melakukan pengasapan guna memberantas nyamuk penyebab DBD yang kini ditakutkan warga.

"Secepatnya akan ditangani, selain fogging penyuluhan juga akan dilakukan. Saat ini warga RW05 sudah ada yang positif DBD, hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja," jelasnya.