Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakteri Baik dalam Usus, Bisa Cegah Diabetes
Oleh : dd
Minggu | 10-02-2013 | 16:11 WIB

BATAM, batamtoday - Jumlah bakteri baik dalam usus tak hanya menjamin kesehatan alat pencernaan, tetapi juga bisa mencegah diabetes. Bakteri dalam usus biasanya membantu mencerna makanan dan memberikan energi serta vitamin yang mencegah bakteri jahat seperti salmonella menyebabkan infeksi.


Peneliti dari Sick Children Hospital, University of Toronto yang dipimpin oleh Jayne Danska menemukan bahwa pengaruh bakteri dalam usus tak hanya untuk proses pencernaan tetapi juga bisa melindungi tubuh dari diabetes.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa bakteri usus bisa melindungi anak-anak dari diabetes. Kami berharap bisa mengembangkan pengobatan baru untuk mencegah penyakit diabetes mengenai anak-anak," ungkap Andrew Macpherson, dari Universitas Bern, seperti dilansir oleh Health Me Up.

Pada anak-anak dan anak muda, diabetes seringkali disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang merusak sel khusus di pankreas yang memproduksi insulin. Penelitian di jelang 30 tahun yang lalu menemukan gen khusus yang menyebabkan manusia rentan terkena penyakit diabetes.

Kabar baiknya, peneliti ini bisa menemukan peran penting dari bakteri usus yang bisa menghasilkan zat biokimia dan hormon untuk mencegah diabetes berkembang. Biokimia yang digunakan untuk mengatur hormon di tubuh manusia diproduksi oleh bakteri usus dan sel tubuh kita sendiri.

Sumber: merdeka.com