Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ABG Ditangap Warga Curi Sepeda

Ketagihan Main Game Online
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 19-03-2011 | 21:16 WIB

Batam, batamtoday - Seorang Anak Baru Gede (ABG) berinisial Rb (13) diamankan warga Perumahan Griya Permata, Batu Aji di pos security karena mencuri sepeda milik salah seorang warga. Pelaku ditangkap sendiri oleh korban saat mencoba membawa sepeda curian itu di depan pintu gerbang perumahan, Sabtu, 19 Maret 2011 sekitar pukul 19.30 WIB.

Menurut pengakuan pelaku, aksi pencurian itu dilakukannya bersama dengan seorang temannya berinisial Gl (12), namun teman korban berhasil melarikan diri saat akan ditangkap karena mengetahui aksinya itu diketahui oleh warga.

"Dia (Gl, red) yang suruh saya curi sepeda pak, saya cuma ikutan aja," kata Rb kepada yang menginterogasinya di pos security.

Pelaku menambahkan, dia dan temannya sengaja mencuri sepeda untuk selanjutnya dijual dan uangnya digunakan untuk bermain game online di warnet. Kedua pelaku sengaja mencuri di Perumahan Griya Permata karena menilai perumahan ini sepi dan lebih leluasa dalam menjalankan aksi mereka.

"Uangnya untuk main game di warnet, ampun pak jangan panggil polisi, saya gak akan curi lagi," kata siswa kelas satu SMP di daerah Batu Aji ini.

Sementara itu, Doni salah seorang warga mengatakan dalam satu minggu belakangan ini warga sering kehilangan sepeda. Menurut informasi warga pelaku pencurian itu anak-anak usia tanggung dan pencurian itu terjadi pada sore hari.

"Minggu ini sudah tiga milik warga yang hilang," kata Doni.

"Mereka ini komplotan, mungkin ada yang menyuruh mereka untuk mencuri," lanjutnya.

Setelah hampir satu jam didesak warga, pelaku belum juga memberi tahu siapa yang menyuruh mereka melakukan pencurian. Ketua RT setempat berunding bersama dengan warga untuk memanggil orang tua korban untuk menyelesaikan perkara tersebut.

"Kita akan panggil orang tua pelaku dan mencari tahu siapa teman yang ikut mencuri bersamanya. Akan kita selesaikan ini secara kekeluargaan mengingat pelaku masih di bawah umur," kata ketua RT singkat kepada batamtoday.