Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Caranya Agar Tetap Sehat di Musim Flu
Oleh : dd
Selasa | 05-02-2013 | 11:31 WIB

BATAM, batamtoday - Pada saat musim hujan seperti sekarang, virus flu sangat mudah menular apalagi bila daya tahan tubuh Anda tidak prima. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tetap sehat meski banyak orang di sekitar yang flu.

Meski bukan penyakit serius, gejala flu seperti hidung tersumbat, meler, batuk serta demam tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum terserang, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan agar tubuh tetap sehat.

Berikut beberapa cara alami yang mudah agar Anda terhindar dari serangan flu, seperti dilansir onlymyhealth, Selasa (5/2/2013):

1. Banyak minum air putih
Minum banyak cairan baik air putih atau jus bisa membantu menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan saluran pernapasan. Kondisi ini akan membantu melonggarkan lendir yang membuat Anda merasa lebih baik.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga membuat tubuh Anda berfungsi dengan baik sehingga minum cukup air juga bisa menjauhkan Anda dari risiko infeksi.

2. Berhenti merokok
Data statistik menunjukkan bahwa perokok berat lebih mungkin menderita flu dan gangguan pernapasan parah, karena rokok dapat mengeringkan rongga hidung dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

3. Minuman hangat
Wedang jahe, sup, teh dan jeruk hangat adalah minuman yang paling disukai selama musim dingin. Panas dari minuman-minuman ini akan ditransfer dari kerongkongan ke saluran pernapasan. Ini mengendurkan lendir dan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dahak dengan mudah. Selain itu, minuman hangat ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang flu.

4. Berkumur air garam
Air garam memberikan bantuan untuk mengurangi rasa tidak enak dari sakit tenggorokan. Garam juga dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan dan membersihkan lendir, serta meringankan iritasi di tenggorokan. Cara ini juga dapat menghindari Anda dari infeksi flu.

5. Kurangi minum alkohol
Alkohol tidak hanya menyebabkan dehidrasi tubuh tetapi juga membuat Anda rentan tertular flu dengan cara lain. Makin berat Anda minum, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan terinfeksi dan menderita komplikasi.

Sumber: Health.detik.