Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Ujian Nasional, Siswa Anambas Lakukan Try Out
Oleh : emmi/dd
Kamis | 31-01-2013 | 16:25 WIB
anambas-kadisdik.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto

ANAMBAS, batamtoday - Untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional (UN), siswa di Anambas mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK melakukan try out di sekolah.


"Try out sudah lama dilakukan namun masih sebatas di sekolah dan soalnya dibuat oleh guru yang telah mengikuti pelatihan dari Provinsi Kepri. Try out di sekolah ini merupakan kegiatan sebelum dilakukan di tingkat Kabupaten dan Provinsi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto, Kamis (31/1/2013).

Herianto menambahkan, sebelum melakukan try out di sekolah para guru terlebih dalulu menyusun soal. Soal yang disusun oleh guru merupakan rincian beberapa mata pelajaran yang diperkirakan akan masuk dalam try out tingkat kabupaten dan Provinsi.

"Ini hanya langkah awal saja namun soalnya tetap merupakan acuan nanti saat try out kabupaten dan provinsi," ujarnya.

Sebelum UN yang akan dilaksanakan tanggal 15 April 2013 mendatang siswa-siswa masih mengikuti try out tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan Februari dan try out provinsi pada Maret mendatang.

"UN akan direncanakan tanggal 15 April 2013 nanti, namun sebelum UN siswa masih mengikuti dua kali lagi try out, di tingkat kabupaten dan provinsi," katanya.

Dalam pelaksanaan UN kedepan para siswa hanya dapat mengandalkan diri sendiri karena dalam ruangan akan dibagi 20 paket. Setiap mata pelajaran berbeda dengan siswa lainnya.

"UN nanti siswa hanya bisa mengandalkan diri sendiri, tidak bisa mencontek dengan temannya karena soalnya beda mata pelajaran setiap siswa. Makanya dengan dilakukan try out dari sekolah ini merupakan modal dasar bagi siswa untuk menjawab soal di try out kabupaten dan provinsi," kata dia.