Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikonfirmasi Soal Tahanan Kabur, Karyoto Hardik Wartawan
Oleh : ali/dd
Rabu | 30-01-2013 | 17:27 WIB
karyoto-baru.gif Honda-Batam
Kapolresta Barelang Kombes Pol. Karyoto.

BATAM, batamtoday - Jika Polresta Barelang menerjunkan personil untuk memburu Hariri bin Wartim (26), tahanan kasus pencurian di Polsek Nongsa yang kabur pada Rabu (30/1/2013) pagi tadi, merupakan hal wajar.


Yang tidak wajar, jika seorang Kapolres menghardik wartawan yang melakukan tugas jurnalistiknya meminta konfirmasi terkait kaburna Hariri bin Wartim dari tahanan Polsek Nongsa.

Hal itulah yang diperlihatkan Kapolresta Barelang Kombes Pol Karyoto, saat dikonfirmasi wartawan terkait kaburnya Hariri bin Wartim. Kombes Pol Karyoto malah menghardik wartawan yang menanyakan perihal kaburnya tahanan tersebut.

"Apa kamu? Gak ada," kata Karyoto kepada seorang wartawati yang mencoba meminta informasi seputar kaburnya tahanan kasus pencurian itu, sambil menepis tangannya dengan wajah tidak bersahabat, di depan Mapolsek Nongsa, Rabu (30/1/2013) sore.

Demikian juga Kapolsek Nongsa Kompol Ardianto, yang tidak mau memberikan keterangan resmi kepada awak media karena mendapat instruksi langung dari Kapolresta Barelang.

"Kamu pergi sekarang!," ujar Kombes Pol Karyoto kepada Kompol Ardianto di lokasi yang sama.

Pantauan di lokasi, puluhan anggota Sahbara yang diterjunkan ke Polsek Nongsa masih tetap siaga, sedangkan anggota buser Polresta Barelang dan anggota buser Polsek  Nongsa masih tetap mencari jejak Hariri Bin Wartim (26) yang telah ditetapkan sebagai DPO dengan bantuan satu ekor anjing pelacak.

Informasi yang diperoleh dari salah satu anggota Polsek Nongsa, sejak Selasa (29/1/2013) malam pintu tahanan tidak terkunci. Dan sebelum melarikan diri, tersangka yang saat itu menggunakan kaos biru dengan celana pendek sempat disuruh menyapu dan bersih-bersih di Mapolsek Nongsa.