Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pernah Bobol Rumah Wakil Wali Kota Syahrul

Dua Gembong Spesialis Pencurian Rumah Mewah Dibekuk Polisi Tanjungpinang
Oleh : chr/dd
Senin | 28-01-2013 | 12:32 WIB
bb-rumah-mewah.gif Honda-Batam
Sejumlah barang berupa ponsel, tablet, laptop, serta senjata dan beberapa barang lain hasil pencurian yang dilakukan Suherman dan Dadang.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Dua gembong pencuriaan spesialis Rumah mewah di Tanjungpinang Suherman alias Iwan (39) dan Dadan warga Km 12 arah Kijang dibekuk anggota Polres Tanjungpinang pada Senin (28/1/2013).

Selain mengamankan kedua tersangka, Polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa dua pucuk pistol airsoft gun jenis Walter dan Baretta, sembilan ponsel merk Blackberry, Samsung, Nokia, Motorolla dan sejumlah jenis BB lainnya.

Selain itu, turut diamankan tablet masing-masing bermerek Samsung 10 Inci, 2 unit Samsung Galaksi Tab 7 Inci dan satu tablet Apple, laptop merk Toshiba tiga unit, Acer satu unit serta satu unit motor Yamaha Jupiter serta sejumlah uang tunai di dalam dompet bersama satu unit pisau belati.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Memo Ardian, mengatakan penangkapan kedua pelaku pencurian spesialis rumah mewah di Tanjungpinang ini dilakukan atas laporan warga Jalan Kuantan yang mengaku rumahnya kecurian.

"Atas laporan tersebut, kita lakukan penyelidikan dengan mempelajari modus operandi dan sejumlah laporan pencurian yang masuk ke Polres hingga ditemukan orang yang diduga dicurigai," ujar Memo.

Atas kecurigaan itu polisi melakukan pengintaiaan pada orang yang dicurigai tersebut, hingga akhirnya melakukan penangkapan pertama pada Suherman alias Iwan, di rumahnya Jalan Brigjen Katamso kawasan Tanjung Unggat.

Dari tangan dan rumah tersangka Iwan, Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, dan saat ditangkap, tersangka mengaku kalau barang-barang tersebut merupakan hasil curiaan yang dilakukannya bersama Dadang dari sejumlah rumah mewah di Tanjungpinang.

"Atas pengakuan tersangka Herman, lalu kita lakukan pengembangan, ke rumah Dadang yang berada di Km 12 arah Kijang. Di sana kita mengamankan pria itu bersama sejumlah barang bukti yang lebih banyak," kata Memo lagi.

Dari pengakuaan kedua tersangka, keduanya bersama sejumlah, pelaku lainya mengakui telah melakukan pencurian pada sejumlah lokasi di Tanjungpinang, termasuk rumah Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul  di Jalan Mahari di daerah Batu Kucing yang dibobol satu hari sebelum pelantikan.

Adapun modus operandi pelaku, kata Memo, sebelum beraksi melakukan pembongkaran terlebih dahulu. Pelaku mengintai lokasi dan situasi rumah korbannya ketika pelaku menghadiri acara-acara pesta.

"Setelah mengintai rumah korbannya saat menghadiri pesta, selanjutnya gembong spesialis pencurian rumah mewah ini, merencanakan pergerakan setiap malam Jumat dan Senin," ujar Memo.

Hingga saat ini, polisi masih terus melakukan pengembangan pencuriaan yang dilakukan dua pelaku spesialis pencurian rumah mewah bersama sejumlah kawanannya.