Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dapat Bantuan Bus Ramah Lingkungan

Batam, Medan dan Manado Jadi Pilot Project Pengembangan Transportasi Berkelanjutan
Oleh : hz/si
Minggu | 27-01-2013 | 08:08 WIB
trasjakarta.jpg Honda-Batam

Ilustrasi bus ramah lingkungan

BATAM, batamtoday - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam Zulhendri mengatakan, Batam akan menjadi pilot project kota percontohan pengembangan transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan.



Rencananya, dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan kementerian perhubungan, dan dua kota lain yang juga masih pilot project yakni Kota Medan (Sumatera Utara) dan Kota Manado (Sulawesi Utara).

"Batam bersama Medan dan Manado, jadi Pilot Project transportasi berkelanjutan. Sehingga, Batam akan mendapat bantuan bus umum dari kementerian perhubungan. Bus yang akan diberikan, gas atau emisi buangannya ramah lingkungan. Sesuai jadwalnya, minggu depan kita akan melakukan MoU, nanti MoU dilakukan di Manado," kata Zulhendri di Batam Centre, Batam, Sabtu ((26/1/2013). 

Dengan adanya pilot project dan bantuan bus ramah lingkungan, Zulhendri berharap dapat mengatasi masalah polusi udara dari dampak dari gas buang kendaraan dalam sektor transportasi, selain penataan transportasi yang lebih manusiawi. 

"Kami belum mengetahui berapa bantuan bus yang akan diterima Kota Batam. Tetapi bantuan dari kementerian perhubungan bukan hanya berupa bus, tapi ada juga berupa pelatihan. Nanti dibangun, dengan sistem yang bagus. Arahnya kedepan, akan mempercepat transit penumpang yang kita idamkan itu, dan disetiap halte terjadwal," katanya.

Zulhendri menambahkan, pengembangan transportasi umum berkelanjutan harus mampu menjadi solusi kemacetan dengan memobilisasi masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Dengan berkurangnya mobilitas kendaraan pribadi ditambah dengan penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan, kata Zulhendri, program ini juga disebut program langit biru.

Program Langit Biru, yakni mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan.