Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Humas Anambas Minta Wartawan Jangan Plagiat Berita
Oleh : em/dd
Selasa | 15-01-2013 | 10:07 WIB
ilustrasi-wartawan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

ANAMBAS, batamtoday - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas meminta wartawan yang bertugas di wilayah tersebut jangan melakukan plagiat berita.

"Penulisan berita teman-teman wartawan harus ditingkatkan dan yang terpenting jangan melakukan plagiat," kata Odi Karyadi, Kepala Bagian Humas Pemkab Kepulauan Anambas dalam audiensi dengan kalangan wartawan di Anambas, Senin (14/1/2013).

Odi juga mengingatkan wartawan dalam penulisannya agar berimbang dan tidak memvonis menyikapi sebuah peristiwa.

Dalam audiensi tersebut juga dibahas mengenai anggaran di Humas Pemkab Anambas yang tahun ini mengalami penurunan hingga 50 persen.

"Tahun ini anggaran hanya 50 persen dari anggaran tahun 2012. Tahun ini humas hanya dapat Rp5,4 miliar dan hampir mencapai 70 persen adalah untuk media," kata Odi.

Media itu sendiri dibagi menjadi beberapa klasifikasi dengan total anggaran yang berbeda antara media elektronik, media cetak atau media online yang saat ini sudah mulai bermunculan.

Dipotongnya anggaran untuk humas ini kata Odi karena pemkab Anambas mengikuti standarisasi nasional yakni sebagian besar APBD dialokasikan ke Dinas Pekerjaan Umum yang mencapai 40 persen, Dinas Pendidikan mencapai 20 persen dan Dinas Kesehatan juga mendekati 20 persen.

"APBD kita tahun ini mengacu kepada pembangunan. Untuk PU saja 40 persen, pendidikan 20 persen dan Dinas Kesehatan juga hampir mencapai 20 persen. Tidak seperti tahun lalu," ujarnya.