Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hingga Saat Ini, Pasar Letung Belum Beroperasi
Oleh : em/dd
Senin | 14-01-2013 | 09:56 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Pasar tradisional di Letung, hingga saat ini belum beroperasi. Padahal, untuk pengelolaan pasar tersebut telah dilimpahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi UKM ke pihak Kecamatan Jemaja beberapa waktu lalu.


Belum beroperasinya pasar Letung ini didikarenakan enggannya para pedagang menempati kiosnya, dengan alasan jauh dari keramaian.

"Kita akui pasar Letung hingga saat ini belum beroperasi, karena para pedagang tidak mau menempati lokasi tersebut karena jauh dari keramaian," ujar Camat Jemaja, Robby Sanjaya, kepada wartawan, usai menerima bantuan peralatan bencana di halaman Kantor Bupati Anambas, belum lama ini.

Robby menambahkan, pihak kecamatan telah berupaya agar pedagang mau menempati lokasi tersebut bahkan pihaknya tidak akan memungut biaya apapun asalkan pasar bisa beroperasi.

"Kita sudah beberapa kali membujuk agar para pedagang pindah ke pasar yang telah dibangun, namun para pedagang enggan menempatinya karena jauh dari pemukiman. Tapi kita akan tetap cari solusi bagaimana agar pasar bisa beroperasi," katanya.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan pasar, yang selama ini sering digunakan oleh para remaja untuk mabuk-mabukan, pihak kecamatan telah meminta bantuan Satpol PP yang ditugaskan di kecamatan agar berpatroli.

"Akhir-akhir ini, kondisi pasar sudah tidak lagi menjadi tempat nongkrong anak-anak remaja setelah kita tempatkan personil Satpol PP untuk merazia. Bahkan untuk mengantisipasi, anggota Satpol PP akan tetap patroli," kata Robby.

Sebenarnya mengenai pengelolaan pasar, kata Robby, pihaknya telah menyerahkannya kepada pihak ketiga yakni Koperasi Unit Desa (KUD) Letung. Mengenai pengelolaan dan tanggungjawab tentang kerusakan sepenuhnya tanggunjawab KUD.

"Mengenai pengelolaan pasar Letung sebenarnya telah diserahkan kepada KUD. KUD akan mengelola pasar termasuk dalam melakukan perawatan terhadap beberapa kios yang telah rusak," katanya.