Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Nongsa Kembali Gelar Lomba Perahu Jong
Oleh : ali/dd
Sabtu | 12-01-2013 | 12:23 WIB

BATAM, batamtoday - Kecamatan Nongsa kembali akan menggalakkan pariwasata budaya warisan cagar budaya Melayu, lomba Perahu Jong yang telah sukses digelar pertama dan kedua.


Dan untuk yang ketiga, direncanakan diselenggerakan di pantai Kampung Melayu, Nongsa, pada Februari dan Maret mendatang mendatang.

"Agenda ini merupakan agenda rutin diadakan setiap tahun. Kemungkinan pada Februari dan Maret nanti," ujar John Hendri, Camat Nongsa, Sabtu (12/1/2013).

John mengatakan, selain untuk hiburan masyarakat, Perahu Jong ini juga diadakan untuk melestarikan budaya kelautan bersama-sama.

Untuk teknis pelaksanaannya, panitia yang dibentuk langsung diserahkan kepada masyarakat pesisir di Kecamatan Nongsa. Sementara pihak kecamatan bertindak sebagai penanggung jawab pelaksana.

"Mari kita bersama-sama saling mengkoordinir acara ini. Karena, kegiatan ini betul-betul di tunggu masyarakat Nongsa," ujarnya kembali.

Dikatakannya pada lomba yang di adakan pada tahun 2012, peserta yang ikut berpartisipasi tidak hanya dari perserta lokal, bahkan diajang tersebut peserta yang datang ada berasal dari Pelelawan dan Bengkalis.

"Kalau ntuk hadiahnya juga telah dakumodir panitia melalui pihak donatur dengan di bantu oleh pihak Pemko serta Kecamatan," tutur John Hendri lagi.

Ajang tahunan ini, tambahnya kembali, seperti ditahun yang lalu, tidak hanya lomba perahu Jong yang akan di perlombakan. Beberapa perlombaan seperti permanan layang - layang, lomba nasi tumpeng, jalan santai, serta lomba menyanyi juga akan mengisi guna memeriahkan kegiatan tersebut.