Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Mau Dipulangkan ke Daerah Asal, 10 TKI Bermasalah Memilih Kabur
Oleh : chr/dd
Kamis | 10-01-2013 | 20:04 WIB
penampungan-tki-transito-1.jpg Honda-Batam
Beginilah kondisi TKI kita di penampungan sementara di Jalan Transito Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Dengan alasan tak mau dipulangkan ke daerag asal, sebanyak 10 TKI bermasalah yang dideportasi dari Malaysia melalui Tanjungpinang, kembali berulah dengan melarikan diri dari lokasi penampungan sementara TKI bermasalah Tanjungpinang.


Dari 10 TKI bermasalah yang melarikan diri, 4 diantaranya bahkan nekat melompat dari mobil yang mengantarkan mereka ke pelabuhan Sri Bayintan Kijang saat akan dipulangkan ke tempat asal masing-masing menggunakan kapal laut, Kamis (10/1/2013) pagi tadi. 

Sementara 5 lainnya telah lebih dulu memilih kabur dari tempat penampungan di Jalan Transito Km 8 Tanjungpinang pada Jumat (4/1/2013) lalu.

Pelarian sejumlah TKI bermasalah tersebut, dibenarkan Ria Murni, koordinator lapangan (Korlap) Satgas TKI Bermasalah Kota Tanjungpinang. Namun, Ria membantah jumlah kalau jumlahnya hingga 10, dan menurutnya hanya ada 7 TKI bermasalah yang kabur pada pemulangan kali ini.

"Iya, ada 5 orang yang kabur dari tempat penampungan di Jalan Transito Batu 8, serta 2 orang lainnya kabur saat diantar ke pelabuhan Sri Bayintan Kijang," ujar Ria Murni kepada wartawan, Jumat (10/1/2013).   

Ria juga menambahkan, yang lari dari penampungan akibat tidak diketahui pelaksana penjagaan. Sedangkan 2 orang lainnya, lari dengan meloncat dari mobil saat diantarkan ke Kijang.

"Kebetulan menuju pelabuhan ada jalan yang rusak, dan saat mobil yang membawa mereka berjalan pelan, dua TKI yang saat itu akan dipulangkan langsung melompat dari mobil serta melarikan diri. Kami sudah kejar dan cari, tetapi tak dapat," jelas Ria.

Kelima TKI yang melarikan diri dari tempat penampungan Transito adalah Muhamad Nasrudin (Medan), Jamaludin (Aceh), Tengku Syaifullah Ramli (Aceh), Riza Suwardi (Aceh) dan Abdul Aziz (Aceh).

Meski Korlap Satgas TKI Bermasalah Kota Tanjungpinang, Ria Murni, mengaku hanya 2 TKIB yang melarikan diri dengan cara meloncat dari mobil yang mengantarkan ke pelabuhan Kijang, namun dari data yang diperoleh batamtoday tercatat 4 orang, yakni Rahim (Flores), Fauzi Yunus (Flores), Petronius Mesi (Flores) dan Shadri (Flores).

Selain kabur dari penampungan dan loncat dari mobil, batamtoday juga memperoleh informasi, kalau pada Desember 2012 lalu seorang TKI bermasalah yang sudah berada di atas Kapal KM Ceremai untuk dipulangkan ke daerah asalnya nekat melompat kelaut setelah 10 menit kapal bertolak dari pelabuhan, hingga sempat terdampar di sebuah pulau di Bintan.

Beruntung, TKIB yang memilih meloncat dari KM Ceremai itu, dengan alasan takut dipulangkan ke daerah asalnya, selamat setelah dibantu dan diamankan warga di Bintan.