Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Perompakan di Moro

Intelijen Lanal Batam Kejar Dua Pelaku di Malaysia
Oleh : hz/dd
Senin | 07-01-2013 | 14:05 WIB
danlanal-batam.gif Honda-Batam
Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Nurhidayat.

BATAM, batamtoday - Kasus perompakan kapal di Moro kembali menemukan titik terang, setelah berhasil menangkap AM dan MU yang merupakan otak pelaku, intelijen Lanal Batam kembali berhasil mengendus keberadaan dua pelaku lain yang diketahui berada di Malaysia.


Dua pelaku yang buron ke Malaysia itu berinisial IB dan NU, keduanya berangkat melalui pelabuhan gelap menuju Johor Bahru Malaysia. Lanal Batam telah berkoordinasi dengan atase TNI AL di Malaysia dan Kepolisian Malaysia.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian Malaysia untuk menangkap pelaku," kata Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Nurhidayat kepada batamtoday, Senin (7/1/2013).

Selain itu, pihak Lanal Batam sudah memeriksa dua orang tekong yang membawa korban ke Malaysia dan statusnya sebagai saksi.

"Dua tekong itu kita periksa sebagai saksi, sebab keduanya mengaku kalau tak mengetahui kedua pelaku adalah buronan kasus perompakan," jelasnya.

Masih kata Nurhidayat, kedua tekong itu berjanji akan membantu pihak Lanal Batam untuk segera memulangkan kedua pelaku, sebab kemungkinan besar mereka terdeteksi di Johor Bahru ataupun Kuala Lumpur.

Sementara itu, tiga keluarga pelaku lain berjanji akan menyerahkan pelaku ke Lanal Batam dalam waktu dekat dari hasil kordinasi yang dilakukan selama ini.

"Tiga keluarga pelaku lain berjanji akan menyerahkan tiga pelaku lain kepada kita secepatnya," pungkasnya.