Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Labfor Medan

Kebakaran Diskotik Sphinx akibat Korsleting Listrik
Oleh : hz/dd
Sabtu | 05-01-2013 | 11:43 WIB

BATAM, batamtoday - Setelah satu bulan lebih berlalu, teka-teki penyebab kebakaran Diskotik Sphix di Hotel Seruni akhirnya terjawab. Hasil penyelidikan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Medan menyimpulkan penyebab kebakaran diakibatkan oleh korsleting listrik.

Kapolsek Batuampar, Kompol Zaenal Arifin mengatakan dari hasil labfor yang diterima, korsleting listrik ini berasal dari atas plafond pada ruangan VIP room no 26 dimana api berasal pada saat kejadian.

"Korsleting listrik ini berasal dari ruangan yang pertama kali terlihat asap kemudian api membesar dari kamar tersebut," kata Zaenal kepada batamtoday, Sabtu (5/1/2013).

Dijelaskannya, penyebab kebakaran adalah tersulutnya barang-barang  yang mudah terbakar di lokasi pertama kebakaran dan kemudian menyebar ke tempat lain sehingga terjadi kebakaran.

Tim Labfor Mabes Polri regional Medan yang diketuai Kompol TP Hutabarat dan Iptu Syahputra yang terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi. Dari olah TKP itu petugas membawa residu-residu yang didapatkan dari lokasi kejadian untuk diambil sampelnya guna proses penelitian dan hasilnya adalah karena korsleting listrik.

Diberitakan sebelumnya, kobaran api yang melalap Hotel Seruni, yang terletak di Kampung Seraya, Batu Ampar, membuat pengunjung hotel baik yang menginap maupun penikmat hiburan di Diskotik Sphinx panik hingga kocar-kacir menyelamatkan diri masing-masing, sekitar pukul 01.20 WIB, Minggu (25/11/2012) dini hari.