Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perayaan Malam Tahun Baru 2013

Satlantas Polresta Barelang Berlakukan Buka-Tutup Jalan
Oleh : hz/dd
Senin | 31-12-2012 | 13:34 WIB
rtmc_sep.jpg Honda-Batam
Simpang Engku Putri yang diprediksi akan dipadati warga seiring dengan perayaan pergantian tahun di tempat tersebut.

BATAM, batamtoday - Guna  menghindari kemacetan di jalan raya pada saat malam pergantian tahun 2013. Satlantas Polresta Barelang akan memberlakukan buka-tutup jalan ke berbagai tempat hiburan yang diprediksi menjadi titik rawan kemacetan.

Adapun ruasa jalan yang akan dilakukan pemberlakuan buka-tutup kalan ini antara lain, jalan menuju alun-alun Engku Putri, Harbour Bay Batuampar, Ocarina Bengkong, jalan menuju Tanjung Pinggir, Waterboom Bengkong dan Jembatan I hingga 6 Barelang yang juga menjadi prioritas pengendalian agar tetap arus jalan raya lancar.

"Pemberlakuan buka-tutup jalan ini adalah bentuk antisipasi kemacetan pada perayaan malam tahun baru nanti malam," ujar Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Suka Irawanto ke batamtoday, Senin (31/12/2012).

Masih kata Suka, hal ini dilakukan dan belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jalan menuju alun-alun Engku Putri akan menjadi jalan yang paling padat. Terlebih lagi tahun ini, diprediksi ribuan warga Batam tumpah ruah menuju alun-alun Engku Putri. Sehingga pembelokiran dilakukan pada sore menjelang malam pergantian tahun.

"Engku Putri yang menjadi pusat konsentrasi, masyarakat tentu ingin menyaksikan 200 tembakan kembang api raksasa disajikan Pemko Batam," jelas mantan Kapolsek Batam Kota ini.

Dijelaskanya, untuk di seputaran Engku Putri, selain melakukan aksi buka-tutup, pihaknya juga akan menjadikan beberapa ruas jalan sebagai kantong parkir, karena diperkirakan area parkir yang ada tidak mampu menampung banyak kendaraan yang diperkirakan memadati Engku Putri.

Masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun baru di Engku Putri dapat memarkirkan kendaraan di trotoar jalan, mereka juga bisa memarkir kendaraan di depan Pondok Gurih, Ruko deretan kantor ATB, Resto Kediri, Masjid Agung, kantor DPRD, Asrama Haji dan Megamall.

Aksi buka buka-tutup ini diberlakukan, karena pihak Satlantas Polresta Barelang tidak ingin terjadi pada 31 Desember 2011 silam, dimana arus kendaraan arah ke alun alun Engku Putri macet total.