Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setjen DPR dan LAN Kerja Sama Kembangkan Manajemen Keparlemenan
Oleh : si
Jum'at | 28-12-2012 | 16:55 WIB

JAKARTA, batamtoday - Sekretaris Jendral DPR RI Nining Indra Saleh mengatakan banyak memperoleh pertanyaan tentang bagaimana membangun sumber daya manusia handal untuk mendukung kinerja dewan di tingkat provinsi/kabupaten/kota. Kondisi ini menunjukkan manajemen keparlemenan belum banyak yang memahami sehingga perlu mendapat perhatian serius.

"Saya menyampaikan kondisi ini kepada pimpinan Lembaga Administrasi Negara - LAN. Akhirnya disepakati bekerja sama menyiapkan pendidikan dan pelatihan untuk memberikan pemahaman bagaimana menjadi supporting sistem handal di dewan," kata Nining saat melepas 31 orang karyawan Setjen yang memasuki masa pensiun di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (27/12/12).

Ia mengakui sampai saat ini tidak ada jurusan di perguruan tinggi yang secara khusus memberikan mata kuliah tentang manajemen keparlemenan sehingga wajar ditemui sejumlah kendala pada saat bekerja. Karyawan Setjen DPR yang sudah lama bergelut dalam beragam jenis persidangan mulai dari tahap persiapan sampai pelaksanaan tentu memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang hal ini.

"Pada saat memasuki masa purna tugas hendaknya pengetahuan dan pengalaman yang sangat bernilai ini dimanfaatkan, disampaikan kepada masyarakat. Insya Allah berguna bagi upaya memajukan bangsa," lanjutnya. Ia secara khusus mengajak organisasi Persatuan Pensiunan Pegawai Setjen DPR RI (P3S-DPR RI) menyiapkan program untuk mendukung upaya ini.

Peran P3S-DPR RI


Sementara itu dalam paparannya Ketua P3S-DPR RI Toip Heriyanto mengatakan pensiun bagi seorang PNS Setjen DPR bukanlah akhir dari segalanya, namun awal dimulainya babak baru dalam kehidupan seseorang. Pada masa ini seyogyanya waktu yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih banyak.

"Jangan hanya diam di rumah, lakukan sesuatu. Diam malah mengakibatkan seseorang menjadi linglung dan cepat pikun. Lewat P3S-DPR kita dapat merencanakan bersama apa yang bisa kita lakukan untuk publik sesuai keahlian yang pernah kita miliki," tandasnya.

Ia menerangkan berdasarkan anggaran dasar organisasi yang dipimpinnya setiap pegawai Setjen yang memasuki masa pensiun otomatis menjadi anggota P3S-DPR RI kecuali yang bersangkutan menyatakan tidak bersedia. Mantan Deputi Bidang Administrasi ini juga menyatakan kesiapan berbagi ilmu termasuk dengan karyawan sekretaris dewan di daerah.