Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Syahbandar Tahan Keberangkatan KM Kelud

Ribuan Penumpang KM Kelud Batam-Belawan Tertahan di Pelabuhan
Oleh : ron/kli/dd
Sabtu | 22-12-2012 | 22:45 WIB
penumpang-pelni-3.jpg Honda-Batam
Ribuan penumpang terlihat berdesakan masuk ke kapal (kiri). Penumpang di dalam kapal juga sudah berdesakan (kanan).

BATAM, batamtoday - Ribuan penumpang KM Kelud yang hendak berangkat tujuan Batam - Belawan, terlantar di Pelabuhan Beton Sekupang, Batam. Sementara penumpang tujuan Jakarta-Belawan juga sudah berlebih.


KM Kelud yang akan berlayar ke Belawan, yang sejatinya sudah bertolak dari pelabuhan sejak pukul 18.30 WIB, Sabtu (22/12/2012) sore tadi, hingga saat ini, sekitar pukul 22.15 WIB masih tertahan di pelabuhan Beton Sekupang.

hal ini dikarenakan penumpang dari Batam yang akan mudik Natalan mendesak supaya bisa masuk lantaran sudah memiliki tiket yang dibeli dari pihak Pelni.

Ketegangan antara sesama penumpang sempat terjadi di dalam kapal, di mana penumpang yang memiliki tiket merasa berhak untuk menaiki kapal tersebut. Sementara, penumpang dari Jakarta tujuan Belawan yang sudah lebih dulu berada di dalam kapal merasa resah melihat kondisi kapal yang sudah over load.

"Kami harus naik, malam ini juga harus berlayar pulang ke Medan. Kami mau Natal-an," ujar ribuan penumpang yang terlantar di pelabuhan.

Pantauan batamtoday di lokasi, puluhan aparat kepolisian terlihat berjaga untuk mengantisipasi terjadinya keributan. Anggota DPRD Batam Udin P Sihaloho juga terlihat sibuk menenangkan penumpang yang masih tertahan di pelabuhan.

Hingga berita ini diunggah, belum ada kepastian dari pihak Pelni terkait keberangkatan kapal. Sementara para penumpang, khususnya wanita dan anak-anak, ada yang hingga menangis menunggu kepastian keberangkatan mereka.

Sementara itu, Sularno, Syahbandar Pelabuhan Beton Sekupang, kepada batamtoday mengatakan bahwa kapal KM Kelud tujuan Batam-Belawan belum diberangkatkan karena banyak penumpang gelap yang tidak memiliki tiket masuk ke dalam kapal.

"Sekarang ini masih proses pengaturan penumpang. Lagi ngatur penumpang yang tidak punya tiket agar ditertibkan," kata Sularno

Seharusnya, sesuai dengan jadwal, KM Kelud sudah berangkat pukul 18.30 WIB tadi. Namun hingga pukul 22.30 belum juga berlayar.

"Penumpang masih banyak, liburan Natalan banyak yang mau mudik ke Medan. Kita lagi sortir, tidak punya tiket tidak bisa dinaikkan," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa dalam laporan pihak Pelni ke Syahbandar, penumpang yang akan berangkat hanya 1.600 orang. Akan tetapi yang naik jauh melebihi jumlah tersebut.

"Sebenarnya bukan over kapasitas. Pengaturan pihak Pelni yang kurang. Dalam laporan 1.600 penumpang, sedangkan muatan maksimal kapal 2.900 penumpang. Kita harapkan bisa naik semua," terangnya.