Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antibiotik Tak Efektif Sembuhkan Batuk
Oleh : dd/mdk
Rabu | 19-12-2012 | 16:33 WIB

BATAM, batamtoday - Antibiotik adalah obat yang biasa diberikan untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk atau pilek. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa antibiotik tidak efektif untuk menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh infeksi ringan pada paru-paru.

Penelitian yang diterbitkan oleh Lancet ini mengamati sekitar 2.000 pasien di 12 negara Eropa. Melalui penelitian tersebut ditemukan bahwa efek antibiotik pada pasien tidak berbeda dengan pasien yang diberikan placebo.

"Menggunakan antibiotik amoxicillin pada pasien yang memiliki masalah infeksi pernapasan sepertinya tak bisa membantu dan malah bisa berbahaya," ungkap Paul Little, ketua peneliti dari University of Southampton.

"Penggunaan antibiotik secara berlebihan, terutama jika tidak efektif, bisa menyebabkan munculnya kekebalan pada pasien dan efek samping seperti diare, rasa gatal, dan muntah-muntah," tambahnya, seperti dilansir oleh BBC (19/12/2012).

Infeksi pernapasan biasanya ditengarai dengan napas pendek, batuk, demam tinggi, atau tubuh yang lemah. Penelitian sebelumnya mengenai efektivitas antibiotik pada pasien infeksi pernapasan. Subyek penelitian kebanyakan adalah manula. Pada manula.

Penelitian ini dilakukan dengan membagi pasien menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan antibiotik, sementara kelompok kedua diberi placebo. Mereka diminta untuk mengonsumsi obat tersebut selama tiga kali sehari dalam waktu seminggu.

Hasilnya, peneliti hanya menemukan sedikit perbedaan pada dua kelompok tersebut. Bahkan, pasien yang mengonsumsi antibiotik malah menunjukkan efek samping yang lebih banyak seperti mual, diare, dan gatal-gatal.