Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Peningkatan Kriminalitas Jelang Natal
Oleh : hz/dd
Selasa | 18-12-2012 | 09:33 WIB

BATAM, batamtoday - Masyarakat dihimbau meningkatkan kewaspadaan, tindak pidana cederung meningkat jelang Natal dan tahun baru. Bagi masyarakat yang hendak bepergian liburan atau merayakan Natal kampung halaman, disarankan lebih teliti, jangan sampai lengah meninggalkan rumah tak terkunci.

"Bila perlu titipkan pengawasan rumah kepada tetangga. Bagi yang tidak ke mana-mana, parkir kendaraan di tempat yang aman dan pastikan dalam keadaan terkunci ganda," kata Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Aris Rusdiyanto kepada batamtoday, Selasa (18/12/2012).

Dia juga sangat mengharapkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di tempat tinggal masing-masing, dan apabila menemukan atau mencurigai pelaku kejahatan, segera laporkan kepada pihak kepolisian setempat.

"Polisi tak bisa meng-cover semua. Mustahil kamtibmas bisa terjaga kalau diserahkan kepada pihak kepolisian saja tanpa didukung peran serta masyarakat," jelasnya

Selain itu, kerap terjadi kejahatan kriminal jalanan yang marak terjadi dan ini bisa terlihat dari banyaknya laporan yang masuk ke Polsek Lubukbaja.

"Terjadi peningkatan yang signifikan bila dibandingkan bulan sebelumnya, adapun kejahatan yang meningkat adalah jambret, curanmor dan pecah kaca," terang Aris.

Namun, peningkatan jumlah kejahatan jalanan yang menghantui warga jelang natal dan tahun baru, menurut Aris merupakan suatu kewajaran. Pasalnya di wilayah lainnya pun juga mengalami peningkatan jumlah kejahatan.

"Jelang natal dan tahun baru biasanya banyak kebutuhan. Otomatis banyak orang yang ingin mencukupi banyaknya kebutuhan itu tepat jelang Natal dan tahun baru dengan cara dipaksakan meskipun dengan  jalan yang keliru yaitu menjambret dan mencuri motor," tegasnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya H-2 jelan Natal, akan menyebarkan sebanyak tiga puluh lima personelnya ke berbagai obyek vital seperti tempat gereja untuk perayaan natal, sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat keramaian yang ada di wilayah Lubukbaja.