Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, RSBK Gelar Seminar Soal Ginjal
Oleh : Sumantri
Sabtu | 12-03-2011 | 15:39 WIB
Bertha-Toha.gif Honda-Batam

Dr. Bertha Toha, Kepala Klinik Khusus Ginjal Ny. RA Habibie Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. (Foto: Sumantri)

Batam, Batamtoday - Klinik Khusus Ginjal Ny. RA. Habibie Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam, akan menggelar sosialisasi berkonsep seminar manfaat dan sekelumit mengenai ginjal, pada Minggu, 13 Maret 2011 besok di atrium utama Mega Mall Batam Centre dengan mengusung tema "Protect Your Kidneys, Save Your Heart".

 

"Karena manfaat ginjal sangat banyak kami mengundang siapa saja yang ingin mengetahui berbagai informasi mengenai ginjal, baik itu fungsi, tips menjaga agar organ tubuh yang cuukup vital ini selalu dalam kondisi prima dan bagaimana melindunginya dari pola hidup yang mungkin cenderung diabaikan oleh setiap individu," papar Dr. Bertha Toha, Kepala Klinik Khusus Ginjal Ny. RA Habibie RSBK, di ruang kerjanya, kepada batamtoday, Sabtu, 12 Maret 2011.

Dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti ini, menambahkan tidak ada patokan tanggal yang pasti dari badan kesehatan dunia, WHO, untuk peringatan Hari Ginjal se-Dunia, WHO hanya mengintruksikan kepada elemen dan institusi kesehatan diseluruh dunia untuk melakukan kegiatan, sebagai upaya penyadaran kepada masyarakat mengenai manfaat dan informasi seputar ginjal, pada pekan kedua bulan Maret setiap tahunnya.

Ginjal, organ kecil yang hanya sebesar kepalan tangan manusia ini, memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan organ vital lainnya di tubuh manusia, terutama jantung. Kaitan tersebut terutama sering terjadi pada kasus gagal jantung, yang kerap di timbulkan akibat gagal ginjal.

"Untuk lebih jelasnya, kami akan paparkan semua informasi mengenai ginjal dan problematikanya, pada Seminar terbuka besok di Mega Mall Batam Centre, mulai pukul 10.30 wib," imbuh Bertha.

Acara yang terbuka bagi siapa saja yang menginginkan informasi penting seputar Ginjal ini, juga akan menghadirkan nara sumber yang berkompeten dalam sesi  workshop, yang dibalut oleh tanya jawab, dengan para pengunjung, maupun peserta.