Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Melindungi Mata Saat Bekerja
Oleh : dd/mdk
Selasa | 11-12-2012 | 11:25 WIB

BATAM, batamtoday - Keluhan pada mata adalah hal yang umum dialami banyak pekerja dewasa ini. Selain tuntutan kerja yang tinggi, penggunaan gadget, terutama komputer atau laptop, sangat mempengaruhi kesehatan mata. Mata jadi mudah lelah dan terasa nyeri. Berikut adalah cara mudah melindungi mata saat bekerja, seperti dilansir Men's Health.

1. Pencahayaan

Cahaya dari warna kuning, merah atau hijau, dapat menyebarkan cahaya yang hangat. Maka, sebaiknya carilah lampu pijar ukuran 60 watt untuk intensitas pencahayaan ruangan yang rendah.

2. Makan ikan

Peneliti asal Kanada mengatakan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengurangi kadar toksin yang menyebabkan kehilangan penglihatan di usia tua. Sebaiknya makan ikan, seperti tuna atau salmon, dua kali dalam seminggu.

3. Matikan

Bekerja berjam-jam di depan komputer dapat merusak kesehatan mata. Cepat atau lambat, Anda harus sadar akan bahaya tersebut. Kelelahan pada mata dapat meningkatkan risiko degenerasi makula, suatu kondisi medis yang biasanya mempengaruhi orang tua dan mengakibatkan penurunan ketajaman penglihatan.

4. Minum kafein

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology menyatakan bahwa kafein dapat meningkatkan produksi air mata, yang dapat meredakan mata lelah.