Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Makan Tomat Bisa Menangkal Depresi
Oleh : dd/mdk
Kamis | 06-12-2012 | 11:48 WIB

BEIJING, batamtoday - Studi terbaru menunjukkan bahwa makan tomat dua sampai enam kali dalam seminggu berisiko 46 persen lebih rendah terkena depresi.


Sebuah tim peneliti dari China dan Jepang, yang dipimpin Dr Kaijun Niu dari Tianjin Medical University, berhasil menyelidiki hubungan likopen dan kesehatan mental.

Para peneliti menganalisis catatan kesehatan mental dan kebiasaan diet pada 1.000 pria dan wanita berusia 70 tahun atau lebih. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan tomat dua sampai enam kali dalam seminggu berisiko 46 persen lebih rendah terkena depresi.

Tomat kaya akan antioksidan yang diyakini dapat melindungi tubuh dari segala penyakit, khususnya kanker. Ia juga merupakan sumber likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat dan terkena depresi.

Kaum wanita lebih rentan terhadap depresi dibanding pria. Selain itu, orang tua juga berisiko tinggi mengalami depresi karena efek suasana hati, terutama akibat penurunan kesehatan dan kesepian.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Affective Disorder.