Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawal Perundingan UMK

Ribuan Buruh Geruduk Kanpora Batam
Oleh : hz/dd
Senin | 19-11-2012 | 11:38 WIB

BATAM, batamtoday - Ribuan massa buruh dari sejumlah serikat pekerja di Batam mendatangi Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Batam untuk mengawal jalannya perundingan untuk penetapan upah minimum kota (UMK) Batam tahun 2013, Senin (19/11/2012) sekitar pukul 10.00 WIB.


Pantauan batamtoday, aksi massa ini mendapat pengawalan ketat dari personil kepolisian Polresta Barelang guna mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan dari hasil perundingan antara pemerintah, pengusaha dan perwakilan pekerja.

Bahkan, jalur lambat di depan gedung Kanpora Batam terpaksa ditutup pihak kepolisian dan dialihkan ke ruas jalan utama Jalan Jenderal Sudirman untuk mencegah terjadinya kemacetan.

Hingga berita ini diunggah, ribuan massa buruh masih tampak berdiri di dalam dan luar gedung Kanpora Batam untuk mengawal jalannya perundingan UMK Kota Batam tersebut.

"Proses perundingan UMK Kota Batam 2013 ini akan terus kami kawal sampai hasil yang kami tuntut tercapai," kata Dino, salah satu buruh kepada batamtoday di lokasi.

Sebelumnya, tiga serikat buruh di Batam menuntut penetapan UMK tahun 2013 harus sama dengan angka Kebutuhan Hidup Layak. 

Terdapat tiga versi angka KHL untuk 2013. Pertama, versi pengusaha ditetapkan sebesar Rp 1,7 juta. Kedua, versi Dewan Pengupahan Kota sebesar Rp 1,9 juta dan terakhir versi regresi yang besarannya Rp 2,1 juta.