Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pijat Refleksi Ampuh Redakan Gejala Penyakit Kanker
Oleh : dd/mdk
Jum'at | 16-11-2012 | 10:15 WIB

MICHIGAN, batamtoday - Sebuah penelitian dari Michigan State University menyebutkan bahwa refleksi, pijat tradisional pada kaki, bisa membantu pasien meredakan gejala penyakit kanker yang dideritanya.


Seperti yang dilansir dari Science Daily, pijat refleksi merangsang titik-titik tertentu pada kaki yang akhirnya meningkatkan fungsi organ dengan lebih baik.

"Pijat refleksi selama ini dianggap sebagai salah satu cara membuat pasien merasa lebih nyaman. Tetapi adanya penelitian ini mungkin bisa membuat pijat refleksi dijadikan terapi utama demi meringankan gejala penyakit kanker pasien," tutur Gwen Wyatt, kepala penulis penelitian.

Penelitian ini melibatkan 385 wanita penderita kanker payudara yang tengah menjalani kemoterapi atau terapi hormon. Melalui pijat refleksi, terbukti beberapa pasien yang menderita napas pendek (gejala umum kanker payudara) bisa berangsur-angsur membaik.

Selain itu, kegiatan sehari-hari seperti naik loteng, memakai pakaian, dan berbelanja juga mampu dilakukan dengan baik oleh para wanita penderita kanker payudara.

"Kami sebenarnya cukup terkejut bahwa pijat refleksi mempengaruhi kondisi utama fisik pasien. Namun untuk kesehatan mental, kami belum menemukan dampaknya," kata Wyatt.

Sayangnya, pijat refleksi juga tidak mengurangi rasa sakit atau mual penderita kanker. Tetapi Wyatt menyampaikan bahwa mungkin obat yang mereka konsumsi sudah cukup ampuh meredakan kedua gejala tersebut.

Refleksi sendiri sebenarnya merupakan pijat tradisional dari China dan muncul juga di Mesir yang diceritakan dalam huruf Hieroglif. Terapi ini diduga sudah dipraktikkan sejak ratusan tahun lalu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia.