Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Olahraga Teratur Mampu Perbaiki Jantung
Oleh : dd/mdk
Rabu | 14-11-2012 | 16:08 WIB

BATAM, batamtoday - Olahraga yang teratur dan sedikit berat mampu mengaktifkan sel-sel dalam jantung, yang mampu menyembuhkan kerusakan akibat serangan jantung, ungkap penelitian baru.


Penelitian di Liverpool John Moores University adalah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa program latihan sederhana memiliki efek yang sama dengan yang ada pada sel batang, ketika mereka dirangsang untuk menghasilkan jaringan baru pada penelitian khusus.

Olahraga yang bisa dilakukan meliputi 30 menit lari dan bersepeda setiap hari, ungkap European Heart Journal, seperti dilansir oleh Health Me Up.

Hasil tersebut didapatkan melalui penelitian terhadap tikus yang menunjukkan bahwa tikus yang aktif mampu memproduksi 60 persen sel batang lebih banyak.

"Olahraga ini meningkatkan pertumbuhan yang mengaktifkan sel untuk memperbaiki jantung," jelas Georgina Ellison.

"Kami berharap ini akan semakin efektif pada jantung yang rusak," tambahnya,

Meski beberapa pasien mungkin tak sanggup melakukan olahraga intensif, namun Ellison menyatakan bahwa jalan-jalan pagi selama 30 menit sehari bisa dilakukan tanpa membahayakan kesehatan mereka.

Saat ini peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah penelitian tersebut dapat diterapkan pada pengobatan jantung bagi manusia.