Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bapedalda Batam Duga Limbah Sludge Oil dari Kapal
Oleh : ali/dd
Selasa | 06-11-2012 | 17:04 WIB
dendi-Purnomo.gif Honda-Batam
Dendi Purnomo, Kepala Bapedalda Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Badan Pengendalian Dampak Lingungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam, menyatakan belum mengetahui adanya limbah jenis sludge oil mencemari laut di kawasan Teluk Mata Ikan, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa.


"Saya belum terima laporannya, baru ini tahu. Saya akan terjun ke lapangan melihat langsung limbah yang dimaksud mencemarkan laut di lokasi tersebut," ujar Dendi Purnomo, Kepala Bapedalda Kota Batam, kepada batamtoday, Selasa (6/11/2012).

Dendi mengatakan, sejauh ini pihaknya baru mengetahui dan telah mengambil sampel limbah sludge oil yang berada di Mentarau, Tiban, sejak beberapa waktu lalu.

"Kalau yang di Tiban ada. Sepanjang 13 kilo laut tercemar limbah jenisnya sludge oil, nanti sampel limbahnya akan kita cocokkan dengan yang di Mentarau, Tiban. Kalau jenisnya sama kemungkinan limbah ini satu tempat," terangnya.

Dari hasil koordinasi Bapedalda Kota Batam bersama KPLP, Bakorkamla, Dendi mengatakan sudah mencurigai beberapa kapal yang membuang limbah secara sembarangan tanpa memikirkan dampak pada ekosistem laut dan kepentingan banyak orang.

"Sudah kita curigai beberapa kapal, tapi masih dalam tahap penyelidikan kita. Bersama instasi terkait dan belum bisa disampaikan karena masih dalam tahap penyelidikan kita," pungkasnya.