Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis-Syahrul Menang Pilwako

Sejumlah Pejabat Pemko Tanjungpinang Galau
Oleh : chr/dd
Sabtu | 03-11-2012 | 12:35 WIB
Lis-Darmansyah.gif Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang terpilih versi penghitungan cepat, Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Menangnya pasangan Lis Darmansyah-H. Syahrul versi hitungan cepat pada Pilwako Tanjungpinang 2012, ternyata membuat sejumlah Kepala SKPD di Pemerintah Kota Tanjungpinang was-was. 


Terlebih, sebagian kepala dinas tersebut, sebelum pencoblosan dimulai, sempat terlibat bahkan terang-terangan ikut mendukung calon wali kota Maya Suryanti-Tengku Dahlan yang notabene merupakan anak dari Suryatati A Manan yang 17 tahun berkuasa di Tanjungpinang.

"Yang terbesit dalam benak kepala SKPD yang tidak profesional dan hanya pandai 'mengampu' selama ini, bagaimana jika posisi jabatan kebesarannya akan digusur," kata salah seorang PNS biasa di lingkungan Pemrintah Kota Tanjungpinang, belum lama ini.

Selain itu, pegawai pada salah satu SKPD yang namanya enggan disebut ini juga mengakui, kalau saat ini banyak pejabat kepala dinas termasuk pimpinanya, sedang galau (was-was-red.) posisinya akan dicopot, karena selama ini blak-blakan membela salah satu calon wali kota.

"Mau merapat, masih sungkan, karena bos kami masih Suryatati, dan hal ini jelas terlihat pada sejumlah pejabat yang merupakan 'pengampu' ulung, sedangkan pejabat lainnya, sedang mikir-mikir, mau masuk dari mana, agar dapat mempertahankan jabatan dan posisinya," tambahnya lagi tanpa menyebut siapa pejabat-pejabat pengampu tersebut.

Sementara itu, salah seorang tim sukses pasangan Lis-Syahrul juga mengatakan, saat ini sejumlah pejabat pemko mulai cari muka dan sengaja datang menemui Lis Darmansyah maupun Syahrul, seolah-olah sebagai pendukung, dengan mengungkapkan bahasa "Abang, saya ini Soekarnois dan dari dulu saya saya salut dengan ketua, makanya saya diam saja dan tidak membela siapa-siapa," ujar  pejabat teras di pemko itu dengan gaya memuji.

"Padahal, merekalah yang menyuruh seluruh pegawai di SKPD yang dipimpinnya, termasuk saya agar mendukung dan memilik salah seorang calon," ungkap sumber batamtoday ini.

Akibatnya, selain banyak PNS ikut berpolitik praktis, sejumlah PNS lainnya, yang memang berkualitas dan profesional, nyaris tidak memiliki posisi di struktur pimpinan SKPD Pemerintah Kota Tanjungpinang karena tidak pandai 'mengampu'.

Lis Darmasyah Janji Ubah Paradigma PNS Pengampu 

Menanggapi hal ini, Wali Kota Tanjungpinang terpilih versi perhitungan cepat, Lis Darmansyah mengatakan akan mengubah paradigma dan sistim kerja pada seluruh personil PNS di Pemerintah Kota Tanjungpinang, dengan mengembalikan PNS pada fungsinya yang netral, profesional, serta menjadi pelayanan dan pamong bagi masyarakat.

"Kemenangan ini bukan kemenangan saya, tapi kemenangan semua rakyat dan warga Tanjungpinang. Persaingan sudah usai, saat ini waktunya kita bekerja, dan bersatu dalam membangun kota Tanjungpinang yang lebih baik kedepan," sebutnya.

Lis juga mengatakan, sesuai dengan komitmen dan janjinya dengan Syahrul yang dituangkan dalam visi dan misi sebagai wali kota dan wakil wali kota, dirinya akan membuktikan, melalui kerja keras dalam membangun Kota Tanjungpinang kedepan.

"Melalui kepercayaan yang diberikan ini, kami akan buktikan kalau kami mampu bekerja, dan bukan 'arogan', 'preman', sebagaimana yang dikatakan pihak tertentu," ujarnya.

Dilandasi solidaritas dan kebersamaan serta gotong royong dalam kemenangannya, Lis-Syahrul juga berjanji akan membangun Tanjungpinang kedepan dengan persatuan dan mengubah paradigma birokrasi pemerintah yang harus dilayani menjadi, birokrasi pelayanan dan membuat birokrasi yang memudahkan dan gampang pada setiap urusan masyarakat.

"Mengenai program awal selama 100 hari, sesuai dengan janji dan komitmen kami, saya akan lebih banyak ke masyarakat, kurangi kegiatan seremoni dan fokus pada kepentingan masyarakat dengan melihat secara riil permasalahan di tingkat bawah, lakukan pembangunan hingga ke kampung-kampung, listrik, air serta permasalahan sengketa lahaan yang saat ini dikeluhkan masyarakat," sebutnya.

Ditanya dengan kegalauan sejumlah kepala dinas dan pejabat-pejabat pengampu serta 'penjilat' yang saat ini was-was akan digusur, secara klise Lis hanya mengatakan, "Beri aku SKPD-SKPD ahli dan bermutu, maka akan aku ubah Tanjungpinang menjadi kota dan kesejahteraan masyarakatnya lebih baik" pungkasnya mengutip bahasa sang proklamator Soekarno Hatta.

Sedangkan mengenai pengesahan APBD 2013 yang tentunya belum mengasumsi visi dan misinya menjadi RPJMD dan RPJPD, Lis mengharapkan, adanya koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan pembahasan, hingga dalam pelaksanaan pembangunan akan menjadi pondasi baginya kedepan.

Lis juga menambahkan, program lain yang menjadi perhatian serius di Tanjungpinang adalah pemberdayaan, ekonomi kerakyatan melalui ibu rumah tanggal, Majelis Taqlim, dan membuat tim percepatan pembangunan dan infrastruktur pembangunan Pemko, serta mengajak pengusaha swasta  bersama-sama membangun Kota Tanjungpinang yang lebih baik.