Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hingga November, Penderita DBD di Tanjungpinang Capai 250 Orang
Oleh : ah/dd
Sabtu | 03-11-2012 | 11:46 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di kota Tanjungpinang mengalami peningkatan. Jika tahun lalu hanya mencapai 189 kasus, hingga awal November 2012 sudah mencapi 250 orang penderita yang terjangkit penyakit mematikan tersebut.


Ahmad Yani, Kepala Dinas Kesehatan di Tanjungpinang mengatakan minimnya ketersediaan air bersih di rumah-rumah penduduk dan banyaknya sejumlah tampungan air, membuat penyakit DBD yang dilahirkan dari nyamuk Aedes Aigepty berkembang biak dan menularkan penyakit terhadap warga akan semakin besar.

"Kami sudah menyediakan dan membagikan bubuk untuk membunuh jentik-jentik, namun lagi-lagi banyak warga memilih tutup pintu dan bahkan mengabaikan cara yang efektif untuk mematikan jentik-jentik guna memutus mata rantai nyamuk DBD." kata Ahamd Yani.

Meski peningkatan jumlah penderita DBD di Tanjungpinang hingga saat ini belum ada satu pun yang dinyatakan tewas/meninggal dunia, jika dibandingkan tahun lalu yang menelan korban jiwa sebanyak empat orang warga.

Sementara untuk tahun ini, penyumbang warga terbanyak penderita DBD datang dari Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 34 kasus, untuk kasus terendah terdapat di Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 10-15 kasus.

"Kami akan terus memberantas sarang jentik-jentik nyamuk DBD, dengan cara penyemprotan hingga pemberian bubuk abate ke rumah-rumah warga," pungkas Ahamd Yani.