Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manajemen Tak Dilibatkan dalam Putusan Muspida

Taksi Blue Bird Tetap akan Beroperasi Layani Masyarakat Batam
Oleh : ron/dd
Jum'at | 02-11-2012 | 19:47 WIB

BATAM, batamtoday - Manajemen taksi Blue Bird menyatakan tetap akan beroperasi di Batam berdasarkan hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang mengesahkan izin prinsip operasional yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Batam.


"Intinya dalam waktu dekat kita tetap beroperasi di Batam. Dasar pengoperasian itu mengacu pada putusan PTUN," kata Kurniawan, General Manager Blue Bird dalam konferensi pers pada Jumat (2/11/2012) sore.

Selain itu, terkait putusan Muspida yang membatalkan operasional Blue Bird di Batam, Kurniawan mengatakan bahwa itu keputusan sepihak karena mereka tidak pernah dilibatkan dalam rapat tersebut.

"Padahal idealnya kita dilibatkan, dan keputusan itu merupakan putusan sepihak. Bahkan hasil rapat tidak pernah diberitahukan secara tertulis kepada kita," lanjutnya.

Menurut Kurniawan, manajemen juga harus memperhatikan nasib dari  pengemudi yang sudah berbulan-bulan menganggur dan terkatung-katung, yang nota bene semuanya warga Batam.

"Selain itu permintaan masyarakat yang membutuhkan rasa aman, nyaman, dan murah dalam menggunakan alat transportasi umum," tuturnya.

Terkait masalah keamanan yang menjadi pertimbangan dalam hasil rapat muspida, pihak Blue Bird berharap aparat keamanan sebagai penegak hukum dapat memberikan kepastian keamanan kepada masyarakat.

"Saya yakin aparat keamanan bisa menjaga itu (keamanan-red.)," ucap Kurniawan.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk operasionalnya tidak akan mengambil zona di pangkalan dan tidak mengambil pasar dari pengemudi taksi lainnya. 

"Operasionalnya on call tidak mengambil zona di pangkalan. Tidak ambil market mereka di pelabuhan atau bandara, kita akan menciptakan pasar sendiri," ungkapnya.

Terkait teknis, operasional di hari pertama akan menyesuaikan keadaan. "Bisa 5 atau 10 unit dulu yang akan beroperasi," ujar Kurniawan.