Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dipecat Sepihak dan Tak Transparan

Mantan Sekuriti Gelar Unjuk Rasa di PT McDermott
Oleh : hz/dd
Kamis | 25-10-2012 | 10:42 WIB
demo_mcdermott.jpg Honda-Batam
Salah satu sekuriti yang dipecat menyampaikan orasinya dalam aksi demo di PT McDermott. (foto:irw/btd)

BATAM, batamtoday - Mantan sekuriti PT McDermott yang dipecat secara sepihak oleh manajemen menggelar unjuk rasa di perusahaan menuntut pertanggungjawaban atas masalah tersebut, Kamis (25/10/2012) sekitar pukul 9.00 WIB.


Unjuk rasa mantan sekuriti ini juga diikuti DPC SPSI NIBA Batam dan LSM Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) mulai dari aksi, proses perundingan dan langkah hukum yang akan diambil nantinya.

"PHK sepihak yang dilakukan oleh PT McDermott ini sangat melanggar UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan," kata Setia Tarigan, ketua DPC SPSI NIBA Batam dalam orasinya.

Sebab, lanjutnya, pihak manajemen telah memecat karyawan yang sedang cuti dan mempertahankan oknum yang terlibat dalam kasus pencurian besi.

"Alasan efisiensi dari perusahaan sangat tidak tepat dan transparan. Apalagi yang terlibat dalam kasus pencurian malah dipertahankan," lanjutnya.

Sementara itu, Renghat Sitorus, salah seorang karyawan yang dipecat, dirinya tak akan berhenti untuk menuntut keadilan atas kasus yang menimpanya dan beberapa karyawan lain.

"Jika hari ini tak ada hasil, kami akan melakukan demo sampai ada mendapatkan kejelasan status kami," tegasnya.

Hingga berita ini diunggah, manajemen PT McDermott belum juga memanggil perwakilan pengunjuk rasa guna melakukan perundingan.

Pantauan batamtoday di lapangan, unjuk rasa mantan sekuriti ini masih dilaksanakan dengan pengamanan dari Polsek Batu Ampar dan Sat Shabara Polresta Barelang.