Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Plt Gubernur Kepri Hadiri Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu di Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 18-10-2024 | 18:44 WIB
Marlin-Posyandu1.jpg Honda-Batam
Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan di Aula Wan Seri Beni, Dompak, pada Kamis (17/10/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Plt. Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina, menghadiri acara Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan di Aula Wan Seri Beni, Dompak, pada Kamis (17/10/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam mendukung pelayanan kesehatan di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, Marlin menyampaikan apresiasi terhadap peran penting kader posyandu yang berjumlah 10.229 orang di Provinsi Kepulauan Riau.

"Sebagai tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh, dan untuk masyarakat, keberadaan kader posyandu amat penting dalam mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di seluruh siklus hidup. Diharapkan kader yang hadir hari ini mampu meningkatkan pengetahuan dan berbagi ilmunya kepada masyarakat sehingga terwujud masyarakat yang peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan," ujar Marlin.

Selain itu, Plt. Gubernur Kepri juga menyoroti isu stunting yang menjadi perhatian utama di Kepulauan Riau. Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023, Provinsi Kepulauan Riau menempati posisi terendah kelima di Indonesia terkait kasus stunting, setelah Bali, Jambi, Riau, dan Lampung. Namun, prevalensi stunting di Kepri mengalami kenaikan dari 15,4% pada 2022 menjadi 16,8% pada 2023.

"Kenaikan angka ini harus segera kita tindaklanjuti bersama agar Provinsi Kepulauan Riau tetap berada di jalur yang benar dan mampu mencapai target prevalensi stunting 14% pada 2024," lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Marlin juga menekankan pentingnya semangat dan kekompakan para kader posyandu sebagai mitra pemerintah dalam menyukseskan program-program kesehatan. Ia berharap para kader dapat terus berinovasi dan berkreasi untuk mempercepat pembangunan kesehatan di daerah.

"Kita jadikan silaturahmi ini sebagai momentum memperkuat tekad dan semangat pengabdian kepada masyarakat. Dengan semangat kebersamaan, kita dapat mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera," tutup Marlin.

Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antara Plt. Gubernur Kepri dengan para kader posyandu yang diharapkan mampu membawa perubahan positif dalam pelayanan kesehatan di Kota Tanjungpinang dan sekitarnya.

Editor: Yudha