Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menuju WBK, Kalapas Batam Perkenalkan 3 Inovasi Unggulan kepada Warga Binaan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 09-10-2024 | 17:44 WIB
Lapas-Batam-Inovasi1.jpg Honda-Batam
Lapas Batam terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada warga binaan dan masyarakat. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi warga binaan dan masyarakat, Kalapas Batam Heri Kusrita memaparkan tentang inovasi unggulan kepada warga binaan, Selasa (8/10/2024) kemarin.

Kalapas menjelaskan ada tiga inovasi unggulan di Lapas Batam yaitu SLIR, Eppaspay dan Digitalisasi Video Alur Layanan yang berhubungan dengan layanan bagi warga binaan dan masyarakat.

"Tahun ini kita sedang dalam proses menuju wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK), untuk layanan Bagi warga binaan dan masyarakat ada tiga yaitu SLIR, Eppaspay dan Alur Layanan Digital," ujar Heri.

Tiga Inovasi Unggulan Lapas Batam:

1. Sistem Layanan Informasi Remisi (SLIR): Sistem ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada warga binaan dalam mengakses informasi terkait remisi yang mereka terima. Dengan SLIR, warga binaan dapat mengetahui informasi secara transparan mengenai hak-hak remisi yang diperoleh.

2. Efaspay: Inovasi ini memungkinkan pembayaran layanan dan kebutuhan warga binaan dilakukan secara elektronik. Efaspay hadir untuk memudahkan proses transaksi antara warga binaan, keluarga, dan pihak Lapas, sehingga lebih cepat dan efisien.

3. Digitalisasi Video Alur Layanan: Melalui inovasi ini, Lapas Batam menyediakan video panduan terkait alur layanan yang diberikan. Video ini berfungsi untuk mempermudah keluarga warga binaan dalam memahami proses pelayanan yang ada di Lapas Batam, sehingga tidak ada kesalahpahaman dalam prosedur yang dijalankan.

Pada kesempatan ini juga Kalapas Batam Heri Kusrita juga mengadakan sesi tanya jawab bersama warga binaan terkait hak warga binaan yaitu integrasi dan remisi.

Editor: Yudha