Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Legenda Barcelona, Andres Iniesta Segera Umumkan Pensiun dari Pemain Sepak Bola
Oleh : Redaksi
Selasa | 01-10-2024 | 19:44 WIB
Iniesta1.jpg Honda-Batam
Legenda Barcelona, Andres Iniesta.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemain veteran Spanyol, Andres Iniesta, dikabarkan sudah memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola di usia 40 tahun.

Dikutip dari AS, Iniesta sudah menentukan tanggal pengumuman dirinya pensiun dari dunia sepak bola sebagai pemain. Pengumuman itu dilakukan Iniesta melalui akun media sosial, Selasa (1/10/2024).

"Andres Iniesta akan mengumumkan pada 8 Oktober bahwa dia akan meninggalkan sepak bola. Pahlawan Piala Dunia 2010 dan legenda Barcelona itu sudah memberitahu pengikutnya di media sosial bahwa dia akan membuat pengumuman pada Selasa mengenai masa depannya, yang kemungkinan besar dia mengucapkan perpisahan dari lapangan sepak bola," tulis AS.

Tanggal 8 Oktober 2024 dipilih Iniesta untuk mengumumkan pensiun sebagai penghormatan terhadap nomor jersey ikoniknya, yakni nomor 8.

Iniesta yang mencetak gol penentu kemenangan Spanyol di final Piala Dunia 2010 melawan Belanda, menjalani karier profesional selama lebih dari dua dekade. Ia memulai kariernya di Barcelona, di mana ia menjadi ikon klub dan memenangkan berbagai gelar bergengsi.

Sepanjang kariernya Iniesta menyabet 37 trofi, termasuk sembilan gelar La Liga dan empat gelar Liga Champions bersama Barcelona.

Prestasinya bersama tim nasional Spanyol juga tak kalah mengesankan, dengan dua gelar Piala Eropa (2008 dan 2012) serta Piala Dunia 2010.

Setelah meninggalkan Barcelona pada 2018, Iniesta bergabung dengan klub Jepang Vissel Kobe. Di sana, ia membantu klub memenangkan Piala Kaisar Jepang pada 2019 dan Piala Super Jepang pada 2020.

Meski sempat dikaitkan dengan klub MLS Inter Miami milik David Beckham, Iniesta memutuskan untuk bergabung dengan Emirates Club pada Agustus 2023. Namun, kontraknya dengan klub Uni Emirat Arab itu berakhir setelah hanya enam bulan.

Keputusan untuk pensiun tampaknya diambil Iniesta setelah mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk usianya yang sudah menginjak 40 tahun.

Dengan berakhirnya karier bermain Iniesta, ia dikabarkan akan segera memulai karier baru sebagai pelatih. Ia tidak ragu untuk berkata bahwa ingin kembali berkarier di Barcelona.

"Tentu saja saya ingin kembali ke Barca pada suatu hari nanti, karena itulah yang saya rasakan, tetapi saya tidak tahu kapan atau bagaimana mengatakannya sekarang, begitu juga dengan orang lain. Kita lihat saja bagaimana perkembangannya dalam waktu dekat ini," ucap Iniesta.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha