Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia-Azerbaijan Sepakati Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-09-2024 | 14:44 WIB
bebas-visa1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia dan Azerbaijan semakin memperkuat kerja sama bilateral dengan menandatangani Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas (PBVDD).

Kesepakatan ini dilakukan di sela-sela High-level Week Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat, pada Jumat (27/9/2024).

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dan Menteri Luar Negeri Azerbaijan, Jeyhun Bayramov, menandatangani perjanjian tersebut dalam pertemuan di kantor PBB.

"Saya yakin perjanjian ini akan memperkuat hubungan diplomatik dan memfasilitasi kerja sama yang lebih erat antara kedua negara, yang pada akhirnya akan membuka jalan bagi kolaborasi yang lebih luas di masa mendatang," ujar Menlu Retno Marsudi, usai penandatanganan, demikian dikutip laman Kemlu.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Menlu Bayramov menyebut Indonesia sebagai mitra penting bagi Azerbaijan. Ia menegaskan komitmen Azerbaijan untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral hingga tingkat tertinggi dengan Indonesia. Kedua negara juga sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai forum internasional.

Menanggapi permintaan dari Menlu Bayramov, Menlu Retno menyatakan dukungan Indonesia untuk Azerbaijan yang menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Climate Change Conference) tahun ini.

Azerbaijan dan Indonesia memiliki sejarah hubungan panjang yang baik, terutama melalui peran aktif di Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Menlu Retno menambahkan harapannya agar hubungan dan kerja sama antara kedua negara dapat terus meningkat dan membawa manfaat bagi masyarakat masing-masing negara.

Editor: Gokli