Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tarik Wisatawan, Disbudpar Tanjungpinang Optimalkan Potensi Taman Rekreasi
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 26-09-2024 | 19:24 WIB
Taman-Laman-Boenda1.jpg Honda-Batam
Taman Laman Boenda Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri menyampaikan kota Tanjungpinang kaya akan potensi pariwisata yang dapat dioptimalkan untuk menarik perhatian wisatawan, salah satunya melalui pengembangan taman rekreasi.

Beberapa destinasi seperti Taman Laman Boenda Tepi Laut, Sunrise Waterpark, Tugu Sirih Daun Emas, Tugu Pinsil, dan taman rekreasi lainnya masih belum tereksplorasi secara optimal.

Untuk menarik minat wisatawan ke taman-taman rekreasi, pengelola perlu memahami atraksi yang bisa ditawarkan, melakukan inventarisasi potensi yang ada, serta berinovasi dalam memberikan pelayanan prima kepada pengunjung.

"Jika pengelola dapat memahami hal-hal ini, kami yakin jumlah pengunjung ke taman rekreasi yang dikelola akan semakin meningkat," ujar Nazri, dalam acara pelatihan peningkatan kapasitas SDM di taman rekreasi, di Hotel Bintan Plaza, Rabu (25/9/2024).

Nazri berharap, melalui pelatihan ini, para peserta dapat memperluas wawasan dan pengalaman, sehingga mereka mampu mengeksplorasi potensi atraksi pariwisata di taman rekreasi dengan lebih kreatif.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Salman, menjelaskan pelatihan ini dilaksanakan dari 24-27 September 2024, diikuti 40 peserta dari pengelola BUMD, pengelola Bukit Manuk, Areca Studio, Pokdarwis Senggarang, dan Kampung Bugis.

"Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap pariwisata Tanjungpinang dapat berkembang menjadi sektor unggulan, didukung oleh SDM yang handal, terampil, dan kreatif, sehingga mampu menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke ibu kota Kepri," ujar Salman.

Salah satu peserta, Aldrin menyatakan pelatihan ini memberikan wawasan baru tentang cara mengoptimalkan potensi yang ada.

"Ilmu yang saya peroleh dalam pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberi kami ide-ide untuk menjadikan taman rekreasi lebih menarik dan diminati pengunjung," pungkasnya.

Editor: Yudha