Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi X DPR RI Dukung Penuh Naturalisasi Hilgers dan Reijnders
Oleh : Redaksi
Senin | 16-09-2024 | 18:24 WIB
Mess-Hilgers1.jpg Honda-Batam
Komisi X DPR RI mendukung penuh proses naturalisasi Mess Hilgers dan Eliano Reijnders. (ANTARA)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi X DPR RI mendukung penuh proses naturalisasi Mess Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi pemain Timnas Indonesia. Mees Hilgers dan Eliano Reijnders jadi dua nama baru yang sedang dalam proses naturalisasi sebagai pemain Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia yang sedang melakoni babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 membutuhkan tambahan kekuatan agar bisa bersaing di Grup C melawan Jepang, Arab Saudi, Bahrain, China, hingga Australia.

Yang terbaru ada Mees Hilgers dari FC Twente yang berposisi sebagai pemain belakang dan Eliano Reijnders dari PEC Zwolle yang sedang diproses PSSI.

Berkas permohonan naturalisasi Hilgers dan Reijnders sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo. Selanjutnya berkas kedua pemain akan dikirimkan ke Komisi X DPR RI untuk disetujui.

"Kita segera ya, siapa saja mau mempertahankan nama bangsa kita kan, kita tentu gembira," ujar anggota Komisi X DPR RI Djohar Arifin Husin dikutip dari YouTube DPR RI.

"Ada orang mau mempertahankan merah putih, ada yang mau mempertahankan Garuda Pancasila di dadanya itu, itu harus kita sokong, kita bantu, dan kita nunggu prosedur saja," ucap Djohar menambahkan.

Menurut Djohar, Komisi X sepenuhnya akan membantu proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sesuai prosedur.

"Begitu (surat) sampai di Komisi X, nanti pimpinan dan anggota akan membahas itu dan menyelesaikan sesuai prosedur," kata Djohar.

"Tidak ada masalah ya, tidak ada masalah. Apapun yang diinginkan oleh bangsa ini kita tentu di DPR RI di Komisi X akan melayaninya," tutur Djohar melanjutkan.

Terkait proses naturalisasi ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap bisa rampung sebelum 20 September. Pasalnya, pendaftaran pemain untuk laga berikutnya: lawan Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober) adalah 20-25 September.

Apabila naturalisasi selesai sebelum 20 September, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa bermain lawan Bahrain dan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha