Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IDI Kepri Segera Panggil Dokter RS Awal Bros
Oleh : hz/dd
Sabtu | 20-10-2012 | 11:40 WIB

BATAM, batamtoday - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Kepri, dr Tengku Afrizal Dahlan mengatakan pihaknya akan segera memanggil dokter dr M Alwi dan manajemen RS Awal Bros terkait dugaan malpraktek terhadap Raya Nainggolan (48).


"Saya belum mendapatkan informasi tentang kasus ini sebelumnya, untuk itu Kami dari IDI Kepri akan memanggil dokter yang bersangkutan untuk mendapatkan keterangan penyebab kejadian," kata Tengku Afrizal ketika dihubungi  batamtoday, Jumat (18/10/2012) malam.

Tengku menambahkan, selama ini pihak ini hanya sebatas menunggu laporan dan pro-aktif dari masyarakat terkait kasus serupa tentang adanya dugaan malpraktek yang terjadi di Kepri.

"Segera kita telusuri penyebab kejadian untuk mengetahui kronologis bagaimana peristiwa itu terjadi," terangnya.

Sebab, lanjut, Tengku pihaknya tak mau gegabah untuk memberikan tanggapan mengenai masalah ini, dan dirinya berjanji besok Sabtu (19/10/2012) akan memberikan penjelasan dari permasalahan tersebut.

"Kami tak mau gegabah memberikan keterangan, akan kami telusuri dulu dengan meminta keterangan dari dokter yang bersangkutan dan manajemen RS Awal Bros," lanjutnya.

Disinggung batamtoday tentang penyebab melepuhnya tubuh pasien setelah meminum resep dari dokter, Tengku menjelaskan kejadian itu bisa saja disebabkan karena pasien alergi terhadap obat yang diberikan.

Diberitakan sebelumnya, Raya Nainggolan (48), pasien dari RS Awal Bros tewas dengan kondisi kulit di sekujur tubuhnya melepuh. Tewasnya pasien ini diduga akibat malpraktek yang dilakukan oleh dokter di rumah sakit tersebut.

Raya warga Perumahan Kavling Sagulung Bahagia blok N/61 tewas pada Jumat (19/10/2012) sekitar pukul 08.30 WIB. Kulit di sekujur tubuhnya melepuh akibat setelah mengonsumsi obat resep dokter yang diberikan oleh dokter M Alwi di RS Awal Bross.

Dorismeri Silalahi (44), istri Raya yang ditemui di rumah duka yakin suaminya meninggal akibat malpraktek yang dilakukan dokter M Alwi di RS Awal Bros.