Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fraksi Nasdem Usulkan Kamaluddin Jadi Ketua DPRD Kota Batam
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 12-09-2024 | 16:44 WIB
Paripurna-DPRD-Batam2.jpg Honda-Batam
Rapat paripurna DPRD Batam, dengan agenda Pengumuman dan Penetapan Calon Pimpinan Definitif DPRD Kota Batam Masa Jabatan 2024-2029, Kamis (12/9/2024). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam waktu dekat, jabatan ketua dan wakil ketua DPRD Kota Batam definitif akan ditentukan. Dimana Fraksi Nasdem yang memperoleh suara terbanyak pada Pileg 2024 telah mengusulkan Kamaluddin sebagai Ketua DPRD Batam.

Hal itu tertuang pada rapat paripurna DPRD Batam, dengan agenda Pengumuman dan Penetapan Calon Pimpinan Definitif DPRD Kota Batam Masa Jabatan 2024-2029, Kamis (12/9/2024).

Rapat paripurna itu sendiri dipimpin oleh Ketua DPRD Batam sementara, Asnawati Atiq, dan didampingi oleh Wakil Ketua sementara Muhammad Rudi. Sementara dari Pemko Batam dihadiri langsung oleh Walikota Batam H. Muhammad Rudi.

"Nantinya Gubenur Kepri akan menetapkan usulan pimpinan definitif DPRD sebagai perwakilan pemerintahan pusat di daerah," kata Asnawati, sampil mengetok palu tiga kali.

Asmawati menyebutkan, sebelum rapat paripurna dilakukan, pihaknya sudah menerima usulan pimpinan DPRD dari 4 partai dengan perolehan suara terbanyak untuk menduduki kursi pimpinan definitif DPRD Kota Batam. Fraksi Partai Nasdem mengusulkan Muhammad Kamaluddin menjadi Ketua DPRD Kota Batam.

Sementara dari partai pemenang kedua yakni partai Gerindra, akan menduduki Wakil Ketua l dan Aweng Kurniawan, adalah sosok yang diusulkan oleh partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Selanjutnya untuk partai pemenang ketiga yakni PDI-Perjuangan belum memberikan usulan.

"Untuk partai pemenang yang keempat adalah partai Golkar, partai beringin tersebut mengusulkan Yunus Muda menjadi Wakil Ketua III dari Fraksi Partai Golkar," jelas Asmawati Atiq.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2024, hasilnya Nasdem meraih kursi calon legislatif (Caleg) terbanyak untuk DPRD kota Batam .

Berdasarkan hasil pleno KPU Kota Batam, Nasdem meraih 10 kursi, diikuti PDI-P 7 kursi, Gerindra 7 kursi, Golkar 6 kursi, PKS 6 kursi, PAN 3 kursi, PKB 4 kursi, Demokrat 2 kursi, Hanura 2 kursi, PKN, PSI, dan PPP masing-masing 1 kursi, dengan total 50 kursi.

Editor: Yudha