Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amsakar Ajak UMKM Batam Manfaatkan PLUT untuk Cari Solusi
Oleh : Aldy
Jumat | 06-09-2024 | 15:44 WIB
UMKM-Yos.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, menggelar safari kewirausahaan di Sekolah Yos Sudarso, Kecamatan Batam Kota, Kamis (5/9/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, menggelar safari kewirausahaan di Sekolah Yos Sudarso, Kecamatan Batam Kota, Kamis (5/9/2024).

Dalam kegiatan ini, Amsakar mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk lebih aktif memanfaatkan fasilitas di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang disediakan oleh Pemerintah Kota Batam sebagai solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi.

PLUT UMKM yang terletak di Kawasan Golden City, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, diresmikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki tahun 2022 lalu. Fasilitas ini diharapkan menjadi pusat pengembangan bagi pelaku usaha di Batam.

Safari kewirausahaan ini diikuti oleh Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan sebagai bagian dari upaya memperkuat pemberdayaan ekonomi lokal. Amsakar menyampaikan, pentingnya bagi pelaku UMKM untuk tidak hanya fokus pada masalah, tetapi juga secara aktif mencari solusi melalui layanan konsultasi di PLUT. Layanan ini mencakup berbagai aspek seperti kelembagaan, pengembangan sumber daya manusia, produksi, dan pemasaran.

"Berbagai persoalan UMKM bisa disampaikan ke PLUT. Di sana, tersedia konsultan yang siap menjadi mitra diskusi untuk mencari solusi," ujar Amsakar.

Dengan keberadaan PLUT-KUMKM, Amsakar berharap pelaku usaha dapat lebih mudah menemukan jalan keluar dari berbagai kendala yang dihadapi, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Batam.

Menurut Amsakar, keberadaan PLUT-KUMKM berperan penting dalam memperkuat kemitraan antara koperasi, UMKM, dan wirausaha dengan para pemangku kepentingan, serta mampu mendorong UMKM di Batam untuk berkembang dan berdaya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Ekonomi kerakyatan dan UMKM di Batam harus mendapatkan ruang untuk tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan yang hebat. Dengan dukungan dan kolaborasi semua pihak, kita dapat mewujudkan hal ini," kata Amsakar.

Kegiatan ini juga sejalan dengan kampanye 'BatamRumahKita', yang mengajak seluruh warga Batam untuk bersinergi dalam membangun kota dan memberdayakan perekonomian lokal melalui sektor UMKM.

Selain itu, Pemerintah juga menyediakan portal https://smesta.kemenkopukm.go.id/ untuk membantu UMKM yang siap menembus pasar global, memudahkan buyer internasional dalam mengakses produk-produk lokal, dan menarik minat mereka terhadap berbagai produk unggulan dari Batam.

Melalui portal ini, pelaku UMKM dapat mempromosikan produk mereka kepada konsumen dari berbagai negara, membuka peluang ekspor, serta memperluas jangkauan bisnis mereka. Dengan dukungan ini, Pemko Batam optimis UMKM dapat terus berkembang dan menjadi kekuatan utama dalam memajukan perekonomian daerah.

Editor: Gokli