Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perluas Jangkauan Pasar, Nasabah UMKM BRK Syariah Diberi Pelatihan Digital Marketing
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 02-09-2024 | 18:04 WIB
0209_UMKM-BRK-Syariah_092583481.jpg Honda-Batam
Nasabah UMKM BRK Syariah diberikan pelatihan dan sertifikasi digital marketing. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Sebanyak 20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasabah Bank Riau Kepri (BRK) Syariah di wilayah Kota Pekanbaru mengikuti pelatihan dan sertifikasi Digital Marketing. Kemajuan teknologi dan digitalisasi yang pesat, penting bagi pelaku UMKM untuk memiliki keterampilan yang relevan dalam pemasaran digital.

Pemimpin Divisi MKM M Jazuli melalui Pinbag Pembiayaan Program MKM Jon Hendri mengatakan pelatihan dan sertifikasi yang diselenggarakan ini merupakan salah satu program dari Sentra MKM BRK Syariah. Dimana pesertanya khusus dari nasabah BRK Syariah dan lembaga yang sudah bekerjasama dengan BRK Syariah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM dalam memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka. Dengan ilmu yang diperoleh nanti, kami berharap pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas," kata Jon Hendri, Senin (2/9/2024) di sela kegiatan tersebut.

Masih kata Jon, kegiatan ini sebagai bukti bahwa BRK Syariah aktif berperan dalam upaya bagaimana pelaku UMKM bisa naik kelas dengan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan marketing UMK yang berbasis digital.

"Kegiatan berlangsung sama tiga hari mulai tanggal 28 dan 29 Agustus 2024 untuk sesi pelatihan dan tanggal 2 September 2024 untuk sesi ujian sertifikasi," sebutnya.

Para peserta dari berbagai bidang usaha terlihat sangat antusias saat melakukan wawancara dengan LSP Digital Marketing. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Asosiasi Digital Marketing Indonesia, UMRI, UKM dan IKM Nusantara serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Owner Dapua Stabay, Sutrisno dalam kesempatan tersebut mengaku sangat puas dengan program dari Sentra UMKM BRK Syariah ini. Ilmu yang didapatnya selama pelatihan sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam pengembangan usahannya.

"Kami sangat senang diundang mengikuti pelatihan ini, sehingga kami mendapatkan materi mengenai strategi pemasaran digital, penggunaan media sosial, SEO, dan alat-alat digital lainnya yang dapat membantu kami mengoptimalkan usaha sekarang. Selain dapat ilmu, kami juga mendapat sertifikat dari lembaga resmi," kata Sutrisno.

Menurut pemilik usaha makanan sehat ini, salah satu cara yang efektif dalam menarik minat pelanggan adalah melakukan pemasaran berbasis online atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Terhadap perubahan pasar ini, pelaku usaha harus dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar.

"Pelatihan ini juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memajukan sektor UMKM di Pekanbaru. Sekarang saya jadi paham bagaimana mempromosikan produk atau jasa melalui media internet seperti Fb, instagram, tiktok serta berbagai aplikasi commerce. Bahkan kami juga diajarkan bagaimana membuat katalog penjualan yang menarik perhatian konsumen," tutur Sutrisno yang baru satu bulan menjadi nasabah UMKM BRK Syariah.

Editor: Yudha