Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

XL Axiata Perkuat Jaringan 4G, Siap Dukung Kesuksesan PON XXI 2024 di Aceh-Sumut
Oleh : Roni Ginting
Jumat | 30-08-2024 | 17:44 WIB
3008_XL-PON-XXI-ACEH-SUMUT_03493488.jpg Honda-Batam
Head Sales XL Axiata W-Northern Sumatra 2 & 3, Bertrand Samuel Sinabariba (kiri), bersama teknisi XL Axiata saat meninjau lokasi BTS di sekitar Stadion H. Dimurthala, Kota Baru, Banda Aceh, Rabu, (28/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Medan - PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan berkualitas guna mensukseskan Pekan Olahraaga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 9 - 20 September 2024. Salah satu lokasi yang diperkirakan akan menjadi tempat konsentrasi keramaian acara antara lain adalah di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, yang akan menjadi lokasi pembukaan PON XXI pada Senin (9/9/2024).

Untuk BTS-BTS yang melayani lokasi event dengan asumsi kapasitas naik di atas 90%, maka akan di lakukan penambahan kapasitas radio sehingga kenyamanan pelanggan diharapkan tetap terjaga. #AdaUntukIndonesia.

"Secara khusus XL Axiata berupaya untuk terus menjaga performa jaringan 4G untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan event PON XXI 2024 di Aceh - Sumut. XL Axiata juga melakukan persiapan khusus dengan menambah 1 mobile base transceiver station (MBTS) di Stadion Harapan Bangsa, Aceh untuk meningkatkan kualitas jaringan selama berlangsung PON XXI 2024 di lokasi ini. Di Sumatera Utara, ada 3 MBTS yang terletak di Sumut Sport Center, Balige, dan 1 MBTS lagi tersedia di Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai," ujar Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Desy menambahkan keberadaan jaringan 4G XL Axiata di PON XXI 2024, mendorong komitmen XL Axiata memberikan dampak pada suksesnya acara olahraga terbesar di Indonesia ini yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Bagi XL Axiata, bisa ikut menyukseskan event penting nasional merupakan kebanggaan tersendiri, satu komitmen XL Axiata memberikan kemudahan dan #jadilebihbaik.

Persiapan yang sudah dilakukan dengan mengecek kondisi network di semua lokasi PON XXI baik di Aceh maupun Sumut, termasuk pengambilan sample experience langsung dari lokasi venue dan perhitungan kapasitas dengan mempertimbangkan prediksi lonjakan trafik dengan melakukan upgrade sesuai kebutuhan.

Berbagai persiapan di lapangan telah dilakukan, mulai dari peningkatan kapasitas sampai dengan optimalisasi jaringan layanan data di berbagai venue event PON XXI 2024. Di Aceh antara lain ada di Kab. Aceh Besar, Kab. Aceh Tengah, Kab. Aceh Tenggara, Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Utara, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kab. Pidie, dan Kota Lhokseumawe, seperti di GOR Aceh Barat, Lapangan Panahan Kompleks SHB, IDI Sport Center, Lapangan Blangpaseh, GOR KONI Aceh, Sport Center USK, dan beberapa lokasi lainnya di Provinsi Aceh.

Sedangkan persiapan di Sumut ada di Kota Medan, Kab. Deli Serdang, Kab. Karo, Kab. Langkat, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Simalungun, Kota Binjai dan Kab. Toba Samosir, seperti di GOR Lubuk Pakam, Kolam Renang Selayang Disporasu, GOR Pematangsiantar, Danau Toba, Gedung Serbaguna UNIMED, Gedung PBSI Disporasu, Pardede Hall, dan beberapa lokasi lainnya di Provinsi Sumut.

Daerah dengan trafik tertinggi dari Aceh dan Sumut terletak di Kab. Aceh Besar dan Kab. Bireuen, Aceh, sedangkan di Sumut, trafik tertinggi di Kab. Deli Serdang dan Kota Medan yang beberapa venue terdapat di daerah tersebut. XL Axiata telah mempersiapkan jaringan di tempat pelaksanaan semua cabang olahraga.

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 206 kecamatan di Provinsi Aceh dan 340 kecamatan di Provinsi Sumatera Utara. Total ada sebanyak lebih dari 2.500 BTS di Provinsi Aceh dan lebih dari 9.500 BTS di Provinsi Sumut yang mayoritas BTS 4G. Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi kapasitas jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan dari Aceh menuju Sumut maupun sebaiknya dari Sumut menuju Aceh.

XL Axiata terus melakukan pembangunan jaringan diberbagai daerah di Aceh dan Sumut, diantaranya di Kab. Aceh Tamiang, Kab. Aceh Utara, Kota Medan, Kab. Deli Serdang, Kab. Toba Samosir, Kab. Langkat, Kab. Padang Lawas, Kab. Labuhan Batu, Kab. Samosir, dan Kab. Tapanuli Utara. Serta adanya expansi kapasitas agar jaringan XL Axiata #JadiLebihBaik.

Saat ini jaringan XL Axiata di Sumatera ditopang lebih dari 38 ribu BTS, mayoritas BTS 4G. Jaringan 4G XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Editor: Yudha