Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penggunaan Kartu Debit Bank Muamalat di Luar Negeri Meningkat Pesat
Oleh : Irawan
Selasa | 27-08-2024 | 10:36 WIB
muamamat_ilustrasi_b.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Transaksi kartu debit di luar negeri (overseas) Bank Muamalat Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Jumlah dan volume transaksi kartu debit di Arab Saudi selama musim haji 2024 menjadi faktor pendorong utama.

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, per Juni 2024 jumlah transaksi kartu debit overseas Bank Muamalat meningkat sekitar 121% secara year on year (yoy). Adapun volume transaksi overseas Bank Muamalat tercatat naik 94% (yoy).

"Keunggulan kartu Shar-E Debit Muamalat ditopang oleh layanan dan program yang menarik seperti cashback, gratis tarik tunai dan teknologi nirsentuh (payWave) membuat nasabah kami merasa nyaman untuk bertransaksi di luar negeri. Terutama bagi jemaah haji nasabah Bank Muamalat yang membutuhkan kemudahan transaksi seperti belanja dan tarik tunai selama berada di Tanah Suci," ujarnya, Selasa (27/8/2024).

Data transaksi selama musim haji tahun ini menunjukkan jumlah transaksi menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat untuk berbelanja di Arab Saudi meningkat 195%, dimana volume transaksi juga turut naik sebesar 140%.

Begitu pula dengan aktivitas tarik tunai menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat di ATM Arab Saudi. Jumlah transaksi tarik tunai di ATM meningkat 35% dimana volume transaksi tarik tunai tumbuh 41%.

Sebagai informasi, kartu Shar-E Debit Muamalat dapat digunakan di seluruh dunia baik untuk transaksi belanja maupun transaksi di ATM melalui jaringan ATM dan EDC berlogo VISA.

Khusus untuk ATM berlogo VISA milik Bank Al Rajhi di Arab Saudi tersedia pilihan menu transaksi dalam bahasa Indonesia.

Bank Muamalat telah bekerjasama dengan Bank Al Rajhi dalam menyediakan layanan tersebut dimana jaringan ATM Bank Al Rajhi banyak tersebar di Makkah, Madinah dan Jeddah.

Belum lama ini, Bank Muamalat juga merilis fitur terbaru dari kartu Shar-E Debit VISA yaitu teknologi nirsentuh atau contactless yang diberi nama payWave.

Kartu Debit tersebut dapat digunakan kapan saja pada mesin EDC yang mendukung fitur contactless atau nirsentuh di luar negeri.

Bahkan di Singapura, Bangkok dan Kuala Lumpur, Kartu Shar-E Debit VISA payWave dapat digunakan di seluruh jaringan transportasi, termasuk juga di Arab Saudi untuk kebutuhan transaksi seperti pembayaran di merchant, pembelian buah tangan dan lain-lain.

Terkait keamanan, kartu Shar-E Debit Muamalat telah terintegrasi dengan aplikasi mobile banking Muamalat MDIN.

Salah satu fiturnya adalah jika kartu hilang maka nasabah dapat langsung melakukan block/unblock via Muamalat DIN.

Kartu Shar-E Debit Muamalat juga dapat dipesan melalui Muamalat DIN. Nasabah dapat memilih kurir untuk dikirim langsung ke alamat sesuai preferensi nasabah.

Editor: Surya