Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sispamkota Pengamanan Pilkada 2024

Sebanyak 288 Personel Kepolisian Diterjunkan Amankan Pilbup Karimun
Oleh : Freddy
Senin | 26-08-2024 | 17:44 WIB
Sispamkota-Karimun11.jpg Honda-Batam
Polres Karumun gelar simulasi pengamanan Pilkada Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) yang dilaksanakan di Panggung Putri Kemuning Coastal Area Tanjungbalai Karimun, Senin (26/8/2024).

Simulasi Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan-tahapan menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Karimun.

Dalam apel gelar pasukan, Kapolres Karimun, AKBP Robby Topan Manusiwa menyematkan pita operasi tanda dimulainya Operasi Mantap Praja 2024dan dilanjutkan memeriksa pasukan.

Kapolres menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan personel dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024, sehingga Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Karimun dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

"Dalam pengamanan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Karimun, Polres Karimun dibantu oleh TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya," ujar Kapolres.

Kapolres menjelaskan bahwa Operasi Mantap Praja Seligi Tahun 2024 dilaksanakan selama 127 hari terhitung mulai tanggal 27 Agustus 2024 hingga tanggal 31 Desember 2024. Meliputi tahapan pendaftaran pasangan calon, kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan perhitungan suara, penetapan hasil pemilihan, pengucapan sumpah/janji, pelantikan paslon terpilih.

"Untuk pengamanan Pilkada 2024, Polres Karimun melibatkan sebanyak 288 personel, terdiri dari 238 personel dari Polres Karimun, 50 personel yang di BKO dari Polda Kepri," terangnya.

Kegiatan pengamanan simulasi Sispamkota yang dilaksanakan dengan menggambarkan skenario pengamanan pasca pemungutan suara di Kabupaten Karimun, yang mana dalam simulasi tersebut, digambarkan adanya potensi kerusuhan akibat unjuk rasa masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemilu.

Selanjutnya Tim Dalmas Polres Karimun berupaya meredam situasi melalui dialog, namun ketika massa mulai anarkis, polisi melakukan tindakan tegas untuk mengamankan situasi.

"Simulasi ini menunjukkan keseriusan Polres Karimun dalam mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk selama Pilkada. Dengan langkah antisipatif dan pendekatan yang terukur, Polres Karimun berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar," tutup Kapolres.

Editor: Yudha