Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Thamrin Dahlan Apresiasi Peran Masyarakat Tingkatkan Ketangguhan Hadapi Bencana
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 20-08-2024 | 15:04 WIB
AR-BTD-3909-Pemko-Tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Penguatan Kapasitas Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Selasa (20/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Tanjungpinang, Thamrin Dahlan, memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat, khususnya mereka yang aktif di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Menurut Thamrin, peran serta masyarakat yang memiliki jiwa sosial tinggi dan secara sukarela berkontribusi dalam meningkatkan ketangguhan menghadapi bencana sangatlah penting.

"Kondisi geografis kota kita, ditambah dengan perubahan cuaca yang sering kali ekstrem, menuntut kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bencana," ujar Thamrin, dalam sambutannya saat membuka kegiatan Penguatan Kapasitas Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Selasa (20/8/2024).

"Atas nama Pemko Tanjungpinang, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan yang telah tanggap terhadap bencana," lanjutnya.

Thamrin juga menekankan pentingnya penguatan mitigasi dan praktik-praktik penanggulangan bencana yang terus dilakukan dengan memperhatikan aspek keselamatan masyarakat. Menurutnya, kegiatan seperti ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kapasitas, tetapi juga diharapkan dapat mewujudkan ketangguhan di tingkat kelurahan dalam menghadapi bencana di wilayah Kota Tanjungpinang.

Sebelumnya, Sekretaris BPBD Kota Tanjungpinang, Dwi Trijanto, melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kesiapsiagaan dan profesionalisme masyarakat dalam penanganan bencana di Kota Tanjungpinang. "Kegiatan ini juga berfungsi sebagai upaya koordinasi lintas sektor dalam menghadapi bencana," jelasnya.

Dwi menyebutkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 72 peserta dari unsur masyarakat, yang terdiri dari perwakilan RT dan RW di 18 kelurahan serta personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 20 hingga 22 Agustus. Dua hari pertama diisi dengan materi, sementara hari terakhir diadakan praktik di lapangan pasir putih, Tanjung Siambang, Dompak.

Editor: Gokli