Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakajati Sufari Pimpin Upacara HUT RI ke-79 'Nusantara Baru Indonesia Maju' di Lingkup Kejati Kepri
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 17-08-2024 | 13:24 WIB
Wakajati-HUT-RI.jpg Honda-Batam
Wakajati Kepri, Sufari, saat memimpin upacara peringatan HUT RI ke-79 di lingkup Kejati Kepri, Sabtu (17/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau (Kepri), Sufari, bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Lapangan Kantor Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Sabtu (17/08/2024).

Upacara ini dihadir para Asisten, Kabag TU, Kajari Tanjungpinang, Kajari Bintan, serta seluruh pegawai dari Kejati Kepri, Kejari Tanjungpinang, dan Kejari Bintan.

Dalam amanatnya, Wakajati Kepri menyampaikan pesan Jaksa Agung RI, menekankan pentingnya semangat kolaborasi dan sinergi dalam melanjutkan pembangunan nasional. Dengan tema 'Nusantara Baru Indonesia Maju', upacara tahun ini menandai komitmen bangsa Indonesia untuk menghadapi tantangan masa depan dengan visi modernisasi yang tetap menghargai kekayaan budaya bangsa.

Suasana peringatan kemerdekaan tahun ini terasa berbeda, karena diadakan di dua tempat utama, Istana Merdeka di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Kehadiran Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan baru menjadi simbol pemerataan pembangunan nasional yang bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan yang lebih merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sufari juga mengingatkan pentingnya netralitas dalam menghadapi agenda Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar November mendatang. Kejaksaan, sebagai bagian dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), diharapkan mampu menangani berbagai potensi pelanggaran hukum selama proses pemilihan dengan cepat dan tepat.

"Netralitas Adhyaksa Harga Mati!" tegas Sufari, menekankan bahwa kejaksaan harus menjaga independensi dan tidak terpengaruh oleh tekanan politik dalam menjalankan tugasnya.

Peringatan HUT RI ke-79 ini juga bertepatan dengan masa transisi kepemimpinan nasional, di mana peralihan estafet kepemimpinan diharapkan membawa perubahan positif dalam penegakan hukum dan pembangunan nasional. Sufari menegaskan pentingnya konsistensi dalam penegakan hukum dan mengajak seluruh jajaran kejaksaan untuk terus bekerja keras, berinovasi, dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Acara yang berlangsung khidmat ini diakhiri dengan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia, serta komitmen bersama untuk melanjutkan perjuangan menuju Indonesia yang lebih maju, adil, dan makmur.

Editor: Gokli