Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pj Wali Kota Tanjungpinang Kukuhkan Paskibraka 2024
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 15-08-2024 | 19:04 WIB
Paskibraka-Tpi1.jpg Honda-Batam
Pj Walikota Tanjungpinang, Andri Rizal kukuhkan anggota Paskibraka, Kamis (15/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Tanjungpinang, Kamis (15/8/2024).

Acara pengukuhan berlangsung khidmat di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Lantai III Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, dan dipimpin langsung oleh Pj Walikota Tanjungpinang, Andri Rizal.

Pengukuhan ini diawali dengan prosesi Penyerahan Bendera dan Teks Proklamasi 1945. Seluruh anggota Paskibraka mengucapkan ikrar setia, disusul dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih. Sebagai tanda pengukuhan, Pj Walikota memasangkan kendit Merah Putih Garuda kepada perwakilan Paskibraka.

Dalam sambutannya, Andri Rizal menegaskan bahwa melalui Peraturan Presiden tentang program Paskibraka, para pemuda yang tergabung dalam pasukan ini tidak hanya bertugas sebagai pengibar bendera, tetapi juga mengemban tugas tambahan sebagai Duta Pancasila.

"Momentum pengukuhan Duta Pancasila Paskibraka ini sangat penting untuk menegaskan peran dan tanggung jawab putra-putri terbaik kita yang telah dididik dan dilatih dengan baik. Sebagai Duta Pancasila, mereka memiliki tugas tambahan untuk menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar Andri.

Andri juga menekankan pentingnya pembinaan Ideologi Pancasila dalam pembentukan Paskibraka, yang dimulai dari proses rekrutmen, seleksi, hingga pemusatan pendidikan dan pelatihan.

Mengakhiri sambutannya, Andri mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan dan berharap agar hasil kerja keras mereka selama ini dapat berbuah manis pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia nanti.

"Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang, saya ucapkan selamat atas pengukuhan kalian sebagai Duta Pancasila Paskibraka Kota Tanjungpinang. Kami bangga, dan semoga segala jerih payah serta pelatihan yang telah kalian jalani akan terbayarkan pada upacara HUT Kemerdekaan nanti," tutup Andri.

Editor: Yudha