Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Bersatu di Batas Negara, Merah Putih Berkibar Kelilingi Pulau Karang Singa
Oleh : Harjo
Kamis | 15-08-2024 | 16:04 WIB
berkibar.jpg Honda-Batam
Masyarakat bersama aparat saat mengibarkan Bendera Merah Putih mengelilingi Pulau Karang Singa, dalam rangka menyambut HUT RI ke-79, Kamis (15/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 tahun 2024, PASMAR I YONMARHANLAN IV mengibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Karang Singa.

Pulau Karang Singa merupakan pulau yang berjarak sekitar 3,70 mil laut dari Tanjung Sading, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan. Pulau ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Singapura.

Puluhan pompong (kapal) nelayan pun turut hadir bersama mengibarkan Bendera Merah Putih di batas negara tersebut. Bersama Pemerintah Daerah, FKPD dan jajaran terkait, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tanda penjagaan terhadap tapal batas negara dan wilayah kedaulatan bangsa.

Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, yang turut serta dalam moment nasionalisme tersebut merasa bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya. Bagi Osit, aksi Pengibaran Bendera ini memiliki banyak nilai positif bagi bangsa dan bagi generasi penerus.

"Apresiasi setinggi-tingginya. Ini moment pembuktian komitmen kita bahwa kedaulatan NKRI, sejengkal pun akan kita jaga. Generasi-generasi muda kita juga perlu tahu dan punya semangat ini," kata Osit, Kamis (15/08) usai Upacara Pengibaran.

Lebih lanjut Osit menyebutkan bahwa peringatan Kemerdekaan RI sejatinya harus mendatangkan spirit baru bagi perjuangan pembangunan. Dirinya merujuk pada semboyan Bhineka Tunggal Ika dan dikatakannya makna tersebut yang menjadi satu-satunya pegangan dalam persatuan bangsa.

"Sesuai dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju. Ada spirit patriotisme, nasionalisme hingga toleransi di dalamnya. Ini yang ingin terus kita tumbuhkan di jiwa setiap warga masyarakat," imbuhnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih di pulau yang menjadi salah satu gerbang utama negara ini memang menjadi agenda yang cukup rutin dilakukan. Semangat para penjaga perbatasan ditujukan bagi seluruh masyarakat agar bersama-sama menanamkan rasa bela negara dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Editor: Gokli