Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Tahun Beroperasi, Orari Lokal Bintan Gelar Special Event Stations
Oleh : Harjo
Senin | 05-08-2024 | 14:04 WIB
SES.jpg Honda-Batam
Orari Lokal Bintan menggelar Special Event Stations (SES) dengan callsign 8GO2BTN, di Toapaya pada Sabtu - Minggu (3-4/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Orari Lokal Bintan menggelar Special Event Stations (SES) dengan callsign 8GO2BTN, di Toapaya pada Sabtu - Minggu (3-4/8/2024).

SES ini dalam rangka memperingati dua tahun Orari Lokal Bintan, serta persiapan ujian nasional amatir radio (UNAR) pada 1 September 2024 mendatang.

Kegiatan SES ini, memanggil seluruh anggota ORARI di semua call area dan juga amatir dari mancanegara untuk berpartisi sekaligus melatih kecakapan berkomunikasi radio.

Ketua Orari Lokal Bintan, Saeful Arif, menjelaskan untuk mengadakan dan mendapatkan izin amatir radio dalam SES ini, Orari Lokal Bintan harus mengajukan permohonan secara berjenjang dari Orari Lokal, Orari Daerah dan diteruskan ke Orari Pusat hingga Kominfo. "Setelah disetujui baru kita bisa memancar dengan Callsign yang diajukan, proses pengurusannya dilakukan sebulan sebelum acara SES dilaksanakan," ungkapnya.

Tujuan dari acara ini diadakan adalah untuk menjalin silaturahmi, antar sesama amatir radio di seluruh Indonesia maupun mancanegara, dalam acara ini terlogsheet lebih dari 350 peserta dan partisipan yang masuk.

Dijelaskan, pentingnya Fungsi Orari (Radio) terutama dalam penanganan bencana di laut, gunung, hutan dan tempat-tempat lainnya yang susah dijangkau sinyal telepon internet. Radio Orari dapat dijadikan salah satu solusi untuk berkomunikasi di wilayah-wilayah tersebut.

"Seperti yang sudah terjadi di beberapa tempat bencana dan saat signal internet dan telepon tidak berfungsi, Orari salah satu altenatif alat komunikasi," tandasnya.

Editor: Gokli