Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gebyar Muharram 1446 H, Gubernur Ansar dan Baznas Kepri Serahkan Bantuan Sembako dan Uang Tunai
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-08-2024 | 18:44 WIB
Baznas-Pemprov-Santunan2.jpg Honda-Batam
Gebyar Muharram yang disejalankan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim dan bantuan sembako kepada mubaligh, kaum dhuafa, serta penyandang disabilitas di Aula Wan Seri Beni, Dompak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Masih dalam suasana tahun baru Islam 1446 H, Pemprov dan Baznas Kepri menggelar Gebyar Muharram yang disejalankan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim dan bantuan sembako kepada mubaligh, kaum dhuafa, serta penyandang disabilitas di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Kamis (1/8/2024).

Acara bertema "Dengan Semangat Tahun Baru, Kita Tingkatkan Ketaqwaan dan Kepedulian Sosial antar Sesama, untuk Menuju Indonesia Emas" tersebut diisi juga dengan tausiah oleh Ustaz Anugrah Cahyadi atau yang akrab disapa Ustaz Ucay. Ini merupakan kali kedua ustaz yang terkenal dengan celetukan dan candanya mengisi tausiah di Kepri.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar bersama Ketua Baznas Kepri berkesempatan menyalurkan santunan dan bantuan dari Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Baznas Kepri kepada 960 penerima dengan rincian Santunan anak yatim piatu untuk 150 orang berupa uang tunai, Bantuan mubaligh untuk 200 orang berupa sembako, Bantuan untuk disabilitas sebanyak 100 orang berupa sembako, dan Bantuan kaum Duafa untuk 510 orang berupa sembako.

Gubernur Ansar mengajak untuk menjadikan bulan Muharram ini sebagai ajang evaluasi, berhijrah ke keadaan yang lebih baik kedepannya salah satunya dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Untuk itu kita apresiasi kepada baznas yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. mudah-mudahan baznas ke depannya dapat menghasilkan karya-karya terbaiknya lagi," harapnya.

Gubernur menyampaikan, tahun lalu Baznas Kepri berhasil mengumpulkan ZIS sebanyak Rp4 miliar. Sementara tahun 2024 ini ditargetkan dapat mengumpulkan Rp 13 miliar.

"Dari jumlah tersebut, hingga semester I tahun ini sudah terkumpul lebih dari Rp7 miliar. Kita akan terus memberikan dukungan. Setiap OPD di lingkungan Pemprov Kepri sudah kita wajibkan pegawainya menyisipkan penghasilannya membayar zakat," ucapnya.

Tak hanya itu, Gubernur Ansar juga mengatakan telah menyurati instansi vertikal di Kepri untuk ikut serta. Menurutnya ini potensi umat muslim yang sangat besar.

"Jika kita sukses dalam pengumpulan, penyaluran, dan evaluasinya, insya Allah akan memberikan nilai tambah yang besar bagi kesejahteraan umat," pungkas Gubernur.

Editor: Yudha